Kompas TV nasional update

Kemenkes Targetkan Vaksinasi Wartawan, Guru, Hingga Tokoh Agama Selesai Bulan Mei

Jumat, 26 Februari 2021 | 13:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah berpacu dengan waktu mengebut program vaksinasi demi membentuk kekebalan komunal melawan Covid-19.

Setelah para tenaga kesehatan, pedagang, dan warga lansia, giliran para wartawan yang mendapat suntikan vaksin.

Kamis kemarin, vaksinasi untuk jurnalis mulai dilakukan di Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.

Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menkes, Menkominfo, dan Ketua Dewan Pers, datang meninjau langsung.

Jurnalis masuk dalam sasaran vaksinasi karena tuntutan profesinya yang harus bertemu banyak orang sehingga rawan terpapar Covid-19.

Sebelum divaksin, ada sejumlah tahapan yang harus dilalui seperti pemeriksaan riwayat kesehatan.

Total ada lebih dari 5.000 wartawan yang terdaftar untuk menerima vaksin Covid-19 di Jakarta hingga 27 Februari 2021.

Tak hanya di Jakarta, vaksinasi untuk wartawan juga digelar di daerah lain, salah satunya di Surabaya.

Pemerintah Kota Surabaya menggelar vaksinasi untuk kalangan jurnalis dan awak media di Rumah Sakit Suwandi.

Selain warga lansia, pedagang, dan jurnalis, guru dan tenaga pendidik juga menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 tahap kedua ini.

Hingga bulan Juni mendatang ditargetkan lima juta guru mendapat suntikan vaksin.

Vaksinasi untuk guru ditarget rampung bulan Juni karena Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menargetkan sekolah tatap muka dibuka kembali pada tahun ajaran baru bulan Juli mendatang.

Meski demikian protokol kesehatan ketat tetap menjadi syarat utama pembukaan sekolah tatap muka.

Di Makassar, Sulawesi Selatan, vaksinasi untuk guru rencananya baru dimulai pada awal Maret.

12.000 tenaga pengajar di Kota Makassar telah diajukan menjadi penerima vaksin Covid-19.

Selain itu, para tokoh lintas agama juga menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 tahap kedua.

Dimulai Selasa lalu, seribu tokoh lintas agama telah menjalani vaksinasi massal di Masjid Istiqlal, Gambir, Jakarta Pusat.

Para pemuka agama menganjurkan rakyat untuk divaksinasi sebagai ikhtiar untuk melindungi segenap rakyat Indonesia dari Covid-19. Vaksinasi untuk tokoh agama ini juga dilakukan secara serentak di daerah.

Mereka yang sudah divaksin juga tetap harus menjaga protokol kesehatan, karena kekebalan terhadap Covid-19 baru terbentuk setidaknya tiga pekan setelah suntikan vaksin dosis kedua.

Kementerian Kesehatan menargetkan 16,9 juta tenaga publik termasuk tokoh agama dan 21,5 juta warga lansia selesai pada akhir bulan Mei.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
03:15
BAKAMLA RI PERINGATKAN KAPAL BERBENDERA YUNANI YANG MONDAR-MANDIR DI WILAYAH ALUR LAUT KEPULAUAN INDONESIA (ALKI) 3   WARGA KAMPUNG AKUARIUM AKAN MENEMPATI TOWER B DAN TOWER D KAMPUNG SUSUN AKUARIUM PADA AGUSTUS 2021   GUBERNUR NTT VIKTOR LAISKODAT AKAN KEMBALI MENDESAIN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN PASCABENCANA   GUBERNUR NTT VIKTOR LAISKODAT SEBUT SEBANYAK 1.023 KELUARGA MENGUNGSI AKIBAT BENCANA DI NTT   PBNU MEMINTA MATA PELAJARAN PANCASILA TETAP DIJADIKAN MATA PELAJARAN WAJIB   MENKO KEMARITIMAN LUHUT BINSAR PANDJAITAN TARGETKAN EMISI GAS RUMAH ENERGI TERBARUKAN TURUN 314 JUTA TON DI 2030   KPPU: HARGA TELUR HINGGA DAGING AYAM NAIK DI HAMPIR SEMUA PROVINSI   KPPU AKAN CEK LONJAKAN HARGA TAK WAJAR TELUR DAN DAGING AYAM DI SEJUMLAH DAERAH SELAMA BULAN RAMADAN   KOMNAS HAM SELIDIKI TEWASNYA TAHANAN KASUS NARKOBA POLRES TANGSEL   MENDAG MUHAMMAD LUTFI: DEFISIT NERACA DAGANG INDONESIA DENGAN TIONGKOK TURUN PADA JANUARI-MARET 2021   PEMKOT YOGYAKARTA BAKAL MENGGELAR SEKOLAH TATAP MUKA ATAU PEMBELAJARAN TATAP MUKA SEUSAI LEBARAN   PEMPROV DKI MELARANG PNS MENGGELAR BUKA PUASA DAN SAHUR BERSAMA SELAMA BULAN RAMADAN   HINGGA 16 APRIL 2021, SEBANYAK 5,81 JUTA ORANG SUDAH DIVAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA, 10,7 JUTA DOSIS PERTAMA   PRESIDEN JOKOWI TAK INGIN KASUS POSITIF COVID-19 MELONJAK LAGI KARENA MUDIK LEBARAN TAHUN INI