Kompas TV entertainment lifestyle

Pernah Jaya di Masanya, 7 Sinetron yang Tak Kalah Populer dengan Ikatan Cinta

Kompas.tv - 26 Februari 2021, 11:04 WIB
pernah-jaya-di-masanya-7-sinetron-yang-tak-kalah-populer-dengan-ikatan-cinta
Film serial Si Doel Anak Sekolahan yang ditayangkan RCTI mengangkat kultur Betawi. Film yang disutradarai Rano Karno (berdiri kiri), dengan pemain di antaranya Cornelia Agatha (berdiri kedua kiri), Aminah Cendrakasih (duduk kiri), Benyamin S (duduk kanan). (Sumber: KOMPAS.com)
Penulis : Rizky L Pratama

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sinetron merupakan tontonan yang jadi favorit masyarakat Indonesia. Terbaru, Sinetron Ikatan Cinta berhasil memecahkan rekor rating dan share tertinggi dari yang pernah ada.

Tapi sebelum sinetron Ikatan Cinta booming sekarang ini, ada banyak sinetron yang tak kalah populer di masanya.

Melansir KOMPAS.com yang dirangkum dari berbagai sumber, berikut daftar sinetron Indonesia terpopuler dalam sejarah televisi Tanah Air.

Baca Juga: Sinetron Buku Harian Seorang Istri Disemprit KPI Terkait Adegan Ranjang

Si Doel Anak Sekolahan

Bicara sinetron, tentu tidak bisa melupakan Si Doel Anak Sekolahan. Tayang sejak 12 Maret 1994, Si Doel Anak Sekolahan mencatat rating 8,1 persen berdasar situs web IMDb.

Dibintangi Rano Karno, Benyamin S, Mandra, Suti Karno, Aminah Cendrakasih, Cornellia Agatha, serta Maudy Kusnaedi, kisah Si Doel ini mempunya 162 episode dari tujuh musim penayangannya.

Siinetron ini cukup mampu mencuri perhatian karena mengangkat tema kehidupan keluarga Betawi di kerasnya hidup di ibukota.

Baca Juga: Cerita Inul yang Punya TV Khusus untuk Nonton Sinetron Ikatan Cinta

Putri yang Ditukar

Tayang dari tahun 2010 hingga 2012, sinetron ini cukup populer di masa itu dan perlahan menggeser posisi Cinta Fitri yang memasuki season 6, Kemilau Cinta Kamila 2.

Menariknya, sinetron ini berbeda dengan sinetron pendahulunya yang umumnya tayang satu jam hingga 1,5 jam. Putri yang Ditukar tayang hingga tiga jam dalam satu hari.

Baca Juga: KPI Buka Suara soal Sinetron Hingga Siaran TV Terkait Penggunaan Masker

Cinta Fitri 3

Dibintangi Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu, rating sinetron ini termasuk paling tinggi di masanya dan tercatat selama beberapa tahun belum bisa dikalahkan, sampai akhirnya muncul sinetron Ikatan Cinta yang berhasil melewati rating Cinta Fitri 3

Di episode akhirnya, Cinta Fitri Season 3 berhasil meraih rating 12,6 persen dengan share 39,2 persen.

Cinta Fitri tayang sebanyak tujuh musim dengan jumlah 1002 episode.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Duga KPI Perlakukan Spesial Sinetron Karena Izinkan Tak Pakai Masker



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x