Kompas TV internasional kompas dunia

Biden Telpon Raja Salman Untuk Pertama Kalinya, Bahas Perdamaian di Yaman

Jumat, 26 Februari 2021 | 10:12 WIB
biden-telpon-raja-salman-untuk-pertama-kalinya-bahas-perdamaian-di-yaman
Dokumentasi foto pertemuan Wakil Presiden AS Joe Biden dengan Pangeran Salman bin Abdel Aziz di Riyadh, Arab Saudi, 27 Oktober 2011. (Sumber: Associated Press)

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat Joe Biden berbicara untuk pertama kalinya sejak menjadi presiden Amerika Serikat (AS), dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud pada Kamis (25/2/2021).

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis Gedung Putih, Biden menekankan komitmen AS untuk memastikan keamanan Arab Saudi dari ancaman dari Iran dan membahas upaya diplomatik baru untuk mengakhiri perang di Yaman.

“Biden dan Raja Saudi membahas kemitraan jangka panjang antara Amerika Serikat dan Arab Saudi dan komitmen AS untuk membantu Arab Saudi mempertahankan wilayahnya saat menghadapi serangan dari kelompok-kelompok yang berpihak pada Iran", kata pernyataan Gedung Putih seperti dikutip dari the Associated Press.

Baca Juga: Intelijen AS Laporkan Keterlibatan Putra Raja Salman Dalam Pembunuhan Khashoggi

"Presiden mencatat secara positif pembebasan beberapa aktivis Saudi-Amerika dan Ms Loujain al-Hathloul baru-baru ini dari tahanan, dan menegaskan pentingnya Amerika Serikat menempatkan hak asasi manusia universal dan supremasi hukum," kata Gedung Putih.

Al-Hathloul, seorang aktivis terkemuka yang mengadvokasi hak perempuan untuk mengemudi kendaraan sendiri di Arab Saudi, dibebaskan dari penjara Saudi pada 10 Februari setelah hampir tiga tahun di balik jeruji besi.

Pemerintahan Biden telah mengambil sikap yang lebih keras terhadap Arab Saudi dibandingkan dengan pemerintahan Trump. Dalam pemerintahan Biden, AS mendorong diakhirinya perang saudara di Yaman dan pengakuan yang lebih besar terhadap hak asasi manusia di kerajaan Arab Saudi.

Penulis : Tussie Ayu





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:52
PTPN III BERI APRESIASI ATAS TERCAPAINYA KESEPAKATAN RESTRUKTURISASI KEUANGAN YANG DILAKUKAN KEMENTERIAN BUMN   MENTERI BUMN ERICK THOHIR SEBUT RESTRUKTURISASI KEUANGAN PTPN SUDAH RAMPUNG   KEMENTERIAN BUMN YAKINKAN LEBIH DARI 50 KREDITOR UNTUK RESTRUKTURISASI PINJAMAN PTPN III HINGGA RP 41 TRILIUN   MENAKER LUNCURKAN POSKO THR UNTUK MEMANTAU DAN MENGATASI MASALAH PEMBERIAN THR   KEMENDESA PDTT TERUS GIATKAN SOSIALISASI LARANGAN MUDIK LEBARAN DEMI KESEHATAN BERSAMA    PEMPROV DKI JAKARTA BUKA VAKSINASI UNTUK PELAKU EKONOMI KREATIF, DARI PEMUSIK HINGGA PENGUSAHA KULINER   MENAG DORONG APARAT PENEGAK HUKUM TINDAK PELAKU UJARAN KEBENCIAN YANG MENGARAH KE PENISTAAN AGAMA   WALI KOTA DEPOK MOHAMMAD IDRIS: PEMKOT DUKUNG PENGUSUTAN DUGAAN KORUPSI DAMKAR DEPOK   SATPOL PP DIRIKAN 8 POSKO DI PASAR TANAH ABANG UNTUK PANTAU PELANGGARAN PROTOKOL KESEHATAN   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN MINTA PEMERINTAH CARI SOLUSI CEGAH PERKAWINAN ANAK   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN DORONG KEMENTERIAN PPPA, KPAI, BPS PETAKAN DAERAH YANG BANYAK PERKAWINAN ANAK   PEMKOT BANDUNG MENYATAKAN 50 PERSEN TENAGA PENDIDIK TELAH DIVAKSINASI COVID-19   BADAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI KEMBANGKAN BERBAGAI TEKNOLOGI MITIGASI PERUBAHAN IKLIM   MENTERI PPPA DORONG FORUM ANAK DAPAT DIBENTUK HINGGA KE TINGKAT KECAMATAN DAN DESA