Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Tolak Penutupan Kode Broker Saham, Ribuan Orang Tandatangani Petisi

Jumat, 26 Februari 2021 | 08:43 WIB
tolak-penutupan-kode-broker-saham-ribuan-orang-tandatangani-petisi
Timeline rencana penutupan kode broker dan tipe investor oleh BEI (Sumber: change.org)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Ribuan investor saham menandatangani petisi online, yang berisi penolakan terhadap penutupan kode broker dan tipe investor oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Hingga Jumat (26/02/2021) pukul 08.00 WIB, petisi di laman change.org itu telah ditandatangani oleh 3.493 orang.

Petisi yang dibuat oleh akun bernama Bunga Trader ini, ditujukan kepada Dirut BEI dan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca Juga: Akhir Juni, Jam Perdagangan di BEI akan Diperpanjang

Dalam petisi tersebut, Bunga Trader menilai aturan penutupan kode broker dan tipe investor tidak berpihak dan sangat merugikan investor/trader ritel.

"Karena broker summary (broksum) merupakan salah satu alat yang biasanya di gunakan sebelum membeli saham oleh trader, baik trader harian, trader BPJS (beli pagi jual sore) atau BSJP (beli sore jual pagi), swinger maupun trend follower, " begitu isi penjelasan petisi.

Baca Juga: BEI Melarang “Short Selling” Sejak Maret 2020

Menurut Bunga Trader, analisa bandarmology dengan cara melihat kode broker dan tipe investor punya peran penting. Yaitu, supaya investor bisa tahu harga pergerakan saham tersebut, apakah sedang di akumulasi atau distribusi.

Penulis : Dina Karina





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:15
HANNOVER MESSE 2021, PERTAMINA TAMPILKAN DUKUNGANNYA DALAM PEMBANGUNAN HIJAU DAN BERKELANJUTAN   BNPB: LEBIH DARI 53.000 DESA ATAU KELURAHAN DI INDONESIA RAWAN BENCANA   TENAGA AHLI UTAMA KSP ALI MOCHTAR NGABALIN: ADA PERUBAHAN NOMENKLATUR BKPM JADI KEMENTERIAN INVESTASI   POLRI SIAP MENDUKUNG LANGKAH PEMERINTAH DALAM MENGEJAR ASET SISA PIUTANG NEGARA DARI DANA BLBI   POLRI MASUK DALAM STRUKTUR SATGAS PENANGANAN HAK TAGIH NEGARA DANA BANTUAN LIKUIDITAS BANK INDONESIA (BLBI)   KKP MELEPAS EKSPOR PRODUK PERIKANAN DI SEJUMLAH WILAYAH INDONESIA SEBANYAK 11.637 TON ATAU SENILAI RP 1 TRILIUN   OMBUDSMAN MINTA PERTAMINA GANTI RUGI WARGA TERDAMPAK LEDAKAN KILANG MINYAK BALONGAN, INDRAMAYU, JABAR   BERKAS PERKARA DILIMPAHKAN KE PN TIPIKOR, EKS MENSOS JULIARI BATUBARA SEGERA DISIDANG   KSPSI MINTA PEMERINTAH BERI SANKSI TEGAS PERUSAHAAN YANG BELUM LUNASI THR PADA 2020   POLRI ANCAM PENJARAKAN TRAVEL GELAP YANG NEKAT ANGKUT PENUMPANG UNTUK MUDIK LEBARAN   KAKORLANTAS POLRI IRJEN ISTIONO SEBUT TERDAPAT 333 POS PENYEKATAN MUDIK LEBARAN 2021   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN SEBUT PENINGKATAN MASYARAKAT MISKIN DI JAKARTA TERJADI KETIKA PANDEMI COVID-19   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN: ADA PENINGKATAN MASYARAKAT MISKIN ATAU MASYARAKAT DENGAN EKONOMI RENTAN   JAM OPERASIONAL RESTORAN DI KOTA TANGERANG TETAP SAMPAI PUKUL 21.00 WIB SELAMA BULAN RAMADAN