Kompas TV regional berita daerah

Sejumlah Tutup Manhole Saluran Air PDAM Bandarmasih Hilang Dicuri

Kompas.tv - 26 Februari 2021, 08:08 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Aksi pencurian terhadap sejumlah materiil fasilitas umum atau milik negara yang terbuat dari baja masih sering terjadi di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Seperti hilangnya tutup manhole saluran air milik PDAM Banjarmasin di kawasan jalan Ahmad Yani Banjarmasin kilometer lima.

Baca Juga: Polda Kalsel Musnahkan 26.9 Kilogram Narkotika, 29 Tersangka Turut Dihadirkan

Pihak PDAM telah memasang tanda dan pembatas agar lubang saluran air yang hilang penutup manholenya tidak membahayakan pengguna jalan.

Kehilangan tutup manhole serupa juga terjadi    di ruas jalan lain  yang dilintasi pengendara  dan telah dipasang penutup baru untuk menghindari bahaya pada pengguna jalan.

"Tutup ini terbuat dari besi cor yang bisa dijual kalau orang mau mengusahakan  ada juga dari plat besi," ucap Abdurrahman, Supervisor Gangguan Transimisi dan Distribusi PDAM Bandarmasih.

Pencurian materiil milik pdam juga tercatat banyak terjadi pada alat meter pengukur penggunaan air di rumah pelanggan, mencapai 350 buah dan telah dilaporkan ke polres banjarmasin untuk ditindak lanjuti.

"Itu adalah pengaman dari pada jaringan kita, kita lihat kalau orang jalan malam tidak kelihatan pasti 'tecelobok' (terperosok*red) kesini, ini yang membahayakan," terang Nur Wakhid, Humas PDAM Bandarmasih.

Baca Juga: Dijual di Atas HET, 217 Tabung Elpiji Bersubsidi Disita Polisi

Sebelumnya pencurian serupa dengan sasara material baja juga terjadi pada plat besi jembatan di kawasan lingkar selatan yang mengakibatkan lubang antar jembatan menganga dan membahayakan pengendara.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.