Kompas TV regional berita daerah

Sejumlah Tutup Manhole Saluran Air PDAM Bandarmasih Hilang Dicuri

Jumat, 26 Februari 2021 | 08:08 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Aksi pencurian terhadap sejumlah materiil fasilitas umum atau milik negara yang terbuat dari baja masih sering terjadi di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Seperti hilangnya tutup manhole saluran air milik PDAM Banjarmasin di kawasan jalan Ahmad Yani Banjarmasin kilometer lima.

Baca Juga: Polda Kalsel Musnahkan 26.9 Kilogram Narkotika, 29 Tersangka Turut Dihadirkan

Pihak PDAM telah memasang tanda dan pembatas agar lubang saluran air yang hilang penutup manholenya tidak membahayakan pengguna jalan.

Kehilangan tutup manhole serupa juga terjadi    di ruas jalan lain  yang dilintasi pengendara  dan telah dipasang penutup baru untuk menghindari bahaya pada pengguna jalan.

"Tutup ini terbuat dari besi cor yang bisa dijual kalau orang mau mengusahakan  ada juga dari plat besi," ucap Abdurrahman, Supervisor Gangguan Transimisi dan Distribusi PDAM Bandarmasih.

Pencurian materiil milik pdam juga tercatat banyak terjadi pada alat meter pengukur penggunaan air di rumah pelanggan, mencapai 350 buah dan telah dilaporkan ke polres banjarmasin untuk ditindak lanjuti.

"Itu adalah pengaman dari pada jaringan kita, kita lihat kalau orang jalan malam tidak kelihatan pasti 'tecelobok' (terperosok*red) kesini, ini yang membahayakan," terang Nur Wakhid, Humas PDAM Bandarmasih.

Baca Juga: Dijual di Atas HET, 217 Tabung Elpiji Bersubsidi Disita Polisi

Sebelumnya pencurian serupa dengan sasara material baja juga terjadi pada plat besi jembatan di kawasan lingkar selatan yang mengakibatkan lubang antar jembatan menganga dan membahayakan pengendara.

Penulis : KompasTV Banjarmasin





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
09:10
MENURUT RENCANA, RUTE KERETA CEPAT JAKARTA-BANDUNG AKAN DILANJUTKAN HINGGA KE BANDARA KERTAJATI   WAGUB NTT JOSEF NAE SOI MINTA PEMDA KABUPATEN DAN KOTA DI NTT SIAPKAN LAHAN RELOKASI WARGA TERDAMPAK BENCANA   PROYEK KERETA CEPAT JAKARTA-BANDUNG DITARGETKAN RAMPUNG PADA 2022   PERGANTIAN NAMA TOL LAYANG JAKARTA-CIKAMPEK MENJADI MBZ SEBAGAI PENGHORMATAN BAGI UNI EMIRAT ARAB   TOL LAYANG JAKARTA-CIKAMPEK II BERGANTI NAMA MENJADI SHEIKH MOHAMED BIN ZAYED (MBZ)   PEMPROV DAN DPRD DKI JAKARTA KEBUT PEMBAHASAN REVISI PERDA NOMOR 11 TAHUN 2014 TENTANG TATA RUANG   MENAKER IDA FAUZIYAH SEBUT PEMBAYARAN THR PALING LAMBAT 7 HARI SEBELUM HARI RAYA KEAGAMAAN   KONFEDERASI SERIKAT PEKERJA INDONESIA (KSPI) MINTA PEMERINTAH TEGAKKAN ATURAN PEMBERIAN THR   DISNAKERTRANS DKI JAKARTA: PEMBAYARAN THR TIDAK BOLEH DICICIL   KEMENKES PASTIKAN STOK VAKSIN COVID-19 AMAN UNTUK VAKSINASI DOSIS KEDUA BULAN APRIL 2021   PBNU IMBAU UMAT ISLAM PATUHI PROTOKOL KESEHATAN JIKA BERIBADAH DI MASJID   KEMENTERIAN PUPR: 9 JUTA TENAGA KONSTRUKSI BELUM TERSERTIFIKASI, BARU 628.000 YANG BERSERTIFIKAT   KADIN DKI IMBAU PERUSAHAAN DIALOG DI FORUM BIPARTIT JIKA KESULITAN BAYAR THR   KEMENAKER TELAH BENTUK SATGAS PELAYANAN KONSULTASI & PENEGAKAN HUKUM UNTUK AWASI PELAKSANAAN PEMBERIAN THR 2021