Kompas TV TALKSHOW rosi

UU ITE Harus Melindungi Warga Negara Dari Ujaran Kebencian ROSI (Bag 3)

Jumat, 26 Februari 2021 | 08:11 WIB

JAKARTA, KOMPASTV - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan Surat Edaran kapolri nomor SE/ 2/ 11/ 2021 terkait penanganan kasus UU ITE. Salah satu poin kontroversi dalam SE Kapolri tersebut ialah pengaktifan virtual police.

Banyak pihak menilai virtual police, bertentangan dengan pesan yang disampaikan Presiden Joko Widodo, yang mengatakan apabila UU ITE dirasa tidak memberikan keadilan maka harus direvisi.  

Bagaimana rencana revisi UU ITE yang disampaikan Presiden, maju terus atau berhenti?      

Menko Polhukam, Mahfud MD resmi membentuk dua tim untuk melakukan kajian revisi Undang-undang ITE sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

Dua tim yang dibentuk adalah tim pengarah dan tim pelaksana.

Tim pengarah terdiri dari Menko Polhukam, Menkumham, Menkominfo, Jaksa Agung dan Kapolri.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate menyatakan Kemkominfo akan menangani tim pedoman pelaksanaan Undang-undang ITE terutama pada pasal-pasal krusial yang kerap disebut pasal karet.            

            

Pedoman pelaksanaan Undang-undang ITE ini akan digunakan sebagai acuan penegak hukum dalam menindaklanjuti Undang-undang ITE. 

Penulis : Krisna Aditomo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:57
6 JUTA BAHAN BAKU VAKSIN SINOVAC YANG TIBA HARI INI AKAN DIOLAH BIO FARMA YANG TELAH MENDAPAT SERTIFIKAT DARI BPOM   6 JUTA BAHAN BAKU VAKSIN SINOVAC YANG DATANG MELALUI BANDARA SOEKARNO-HATTA HARI INI DIBAWA KE BIO FARMA DI BANDUNG   KAPOLDA PAPUA SEBUT GURU YANG DITEMBAK KKB ADALAH WARGA SIPIL YANG SUDAH LIMA TAHUN MENGAJAR DI DISTRIK BEOGA   KAPOLDA PAPUA BANTAH TUDINGAN KKB YANG SEBUT DUA GURU DAN SISWA YANG DITEMBAK ADALAH MATA-MATA APARAT   DALAM DUA PEKAN TERAKHIR, SERANGAN KELOMPOK KRIMINAL BERSENJATA DI PAPUA TELAH MENEWASKAN EMPAT ORANG   YORRYS RAWEYAI MINTA TNI-POLRI BERIKAN JAMINAN KEAMANAN BAGI WARGA DI DISTRIK BEOGA DAN DISTRIK ILAGA   ANGGOTA DPD RI ASAL PAPUA YORRYS RAWEYAI MINTA PEMERINTAH TINDAK PELAKU KEKERASAN DI KABUPATEN PUNCAK   BUPATI KABUPATEN PUNCAK WILLEM WANDIK MINTA TNI-POLRI TINDAK TEGAS ANGGOTA KKB YANG TEMBAK GURU DAN SISWA   RUMAH KEPALA SUKU DAN TIGA RUMAH GURU HANGUS AKIBAT PEMBAKARAN YANG DILAKUKAN KKB DI KABUPATEN PUNCAK, PAPUA   KELOMPOK KRIMINAL BERSENJATA KEMBALI MEMBAKAR RUMAH WARGA DI KABUPATEN PUNCAK, PAPUA   PETUGAS TANGKAP 5 KRU KAPAL BERBENDERA MALAYSIA YANG MENCURI IKAN DI SELAT MALAKA, 2 WARGA MALAYSIA DAN 3 WNI   KAPAL BERBENDERA MALAYSIA DIDUGA CURI IKAN DI SELAT MALAKA GUNAKAN ALAT PANCING JENIS "TRAWL" YANG DILARANG KKP   KAPAL IKAN BERBENDERA MALAYSIA YANG DIDUGA MENCURI IKAN DI SELAT MALAKA SEMPAT KABUR SEBELUM DITANGKAP PETUGAS   KAPAL PATROLI KEMENTERIAN KELAUTAN & PERIKANAN TANGKAP KAPAL IKAN BERBENDERA MALAYSIA YANG CURI IKAN DI SELAT MALAKA