Kompas TV nasional politik

Jelang 2024, Calon Presiden Alternatif Mulai Dilirik

Kompas.tv - 25 Februari 2021, 23:36 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Perubahan dukungan politik mulai dinamis melirik sejumlah tokoh nasional sebagai Capres alternatif di 2024 nanti.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo teratas di survei keterpilihan Capres 2024 Litbang Kompas.

Dalam survei 27 Desember 2020 hingga 9 Januari 2021, nama Prabowo Subianto teratas dengan tingkat keterpilihan 12,0% disusul Anies Baswedan 9,9% dan Ganjar Pranowo 7,1%.

Sebelumnya, Lembaga Survei Indonesia juga merilis survei tokoh nasional sebagai Capres 2024.

Prabowo Subianto juga teratas dengan tingkat keterpilihan 22,5 % disusul Ganjar Pranowo 10,6% dan Anies Baswedan sebesar 10,2%.

Pihak Partai Gerindra menilai hasil survei ini tidak banyak berubah sejak 2019 dan mendasari kerjasama dengan Parpol lain.

Namun, politisi Gerindra Supratman Andi Agtas menyebut Ketua Umum Prabowo Subianto fokus menyelesaikan tugas sebagai Menteri Pertahanan.

Sebaliknya pihak PDI Perjuangan menilai hasil survei sejumlah lembaga saat ini masih akan berubah menjelang Pemilu nanti.

Ketua DPP PDI-P Djarot Saiful Hidayat mengingatkan nama-nama yang muncul tidak hanya mengutamakan agenda politik 2024 dan mengabaikan tugas jabatan saat ini.

Langkah politik Prabowo Subianto pasca Pilpres 2019 hingga masa jabatan kedua Jokowi turut memicu peralihan publik melirik sosok Capres pilihan lain.

Survei Litbang Kompas menemukan hampir setengah pemilih Prabowo dan Jokowi di Pilpres 2019 lalu beralih dan meningkatkan dukungan tokoh Capres lainnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.