Kompas TV regional berita daerah

Polisi Bongkar Produksi Pestisida Palsu Berbahan Pasir yang Diberi Pewarna

Kompas.tv - 25 Februari 2021, 19:39 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Produksi pestisida palsu di Kabupaten Jember Jawa Timur dibongkar oleh jajaran kepolisian dari Mabes Polri. Seorang tersangka ditangkap beserta ribuan kemasan pestisida palsu siap jual.

Ada 500 ribu lebih kemasan pestisida palsu yang diamankan dan kini disimpan di gudang barang bukti Kejaksaan Negeri Jember Jawa Timur. Barang bukti pestisida palsu disita dari tersangka, berinisial M-R, yang diduga sebagai produsen. Tersangka merupakan warga Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember.

Baca Juga: Pestisida Ramah Lingkungan Terbuat dari Daun Mimba dan Sirsak

Produksi dan peredaran pestisida palsu diungkap oleh Tim Unit Tipiter Bareskrim Mabes Polri. Pestisida palsu dengan merek megafur 3GR sangat mirip dengan yang asli. Namun jika diteliti, pestisida palsu berbahan baku pasir yang diberi pewarna.

Baca Juga: Polres Kediri Kota Tangkap Produsen Pupuk Cair Oplosan

Plh. Kepala Kejaksaan Negeri Jember, Aditya Okto mengatakan bahwa kasus produksi pestisida palsu kini dalam penanganan Kejaksaan Negeri Jember.

Sedangkan pihak kepolisian terus mengembangkan kasus itu, karena peredaran pestisida palsu dilakukan hingga di sejumlah daerah di Indonesia. Diduga kuat produksi pestisida palsu ini memiliki jaringan yang sangat luas.  

 

#PestisidaPalsu #MabesPolri #Kriminal # Jember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x