Kompas TV nasional politik

SBY Turun Gunung, AHY Sudah Tidak Mampu?

Kamis, 25 Februari 2021 | 15:51 WIB
sby-turun-gunung-ahy-sudah-tidak-mampu
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memastikan dirinya tetap menjaga partai dari upaya penghancuran. (Sumber: YouTube Partai Demokrat)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan diri turun gunung untuk mengatasi polemik kudeta kepemimpinan partai.

Pengamat Komunikasi Politik Effendi Gazali menilai ada dua makna terkat SBY turun gunung. Pertama secara tidak langsung turunnya SBY membuat citra Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan tergerus.

Menurut Effendy dengan SBY turun gunung menandakan AHY belum setara dengan orang-orang yang relatif lebih berpengalaman dalam merencanakan serta melakukan "kudeta".

Baca Juga: Max Sopacua Sebut SBY Turun Tangan karena Ragukan Kepemimpinan AHY

Di sisi lain, Effendy menilai keputusan SBY turun gunung baik dilakukan agar orang-orang yang berencana melakukan "kudeta" mendapat lawan setimpal.

“Soal "kudeta" ini memang tidak gampang ditangani. Dianggap kecil, tahu-tahunya besar dan partai lewat diambil orang. Sempat ada contohnya lho di tahun lalu. Dianggap besar, eh tahu-tahunya hanya percobaan kecil-kecilan,” ujar Effendy melalui pesan singkat, Kamis (25/2/2021).

Makna kedua yakni strategi untuk meningkatkan elektabilitas partai.

Penulis : Johannes Mangihot





BERITA LAINNYA


Beranda Islami

Makin Qona'ah Di Bulan Ramadhan

Selasa, 13 April 2021 | 22:04 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
22:11
IKUTI WEBINAR "BERPARTNER DENGAN MEDIA" BERSAMA TIM HARIAN KOMPAS, DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID!   KOMPLEKS KUIL ANGKOR DI KAMBOJA DITUTUP SEMENTARA HINGGA 20 APRIL 2021 UNTUK CEGAH PENYEBARAN KORONA   VAKSINASI WARGA LANSIA DI REMBANG, JATENG, BERLANGSUNG PUKUL 08.00-11.00 WIB SELAMA RAMADAN   POLDA KALIMANTAN SELATAN KERAHKAN 300 PERSONEL DI PERBATASAN DAN PELABUHAN UNTUK CEGAH PEMUDIK   PAGU ANGGARAN PENINGKATAN STRUKTUR JALAN PANTURA FLORES SEBESAR RP 27,1 MILIAR   PEMBANGUNAN PENINGKATAN STRUKTUR JALAN PANTURA FLORES, NTT, TERUS BERJALAN MESKI CUACA EKSTREM   WAGUB NTT JOSEF NAE SOI SEBUT TIDAK ADA LAGI LOKASI TERDAMPAK BENCANA YANG TERISOLASI   WAGUB JOSEF NAE SOI: 70% LISTRIK DI WILAYAH TERDAMPAK BENCANA DI NTT SUDAH KEMBALI MENYALA   WAGUB NTT JOSEF NAE SOI: 178 ORANG MENINGGAL DAN 47 ORANG HILANG AKIBAT BENCANA DI NTT   PEMKOT YOGYAKARTA HENTIKAN BANTUAN MAKANAN BAGI PASIEN COVID-19 ISOLASI MANDIRI KARENA ANGGARAN TIDAK CUKUP   BPBD LUMAJANG, JATIM: ADA 6 WARGA LUMAJANG YANG MENJADI KORBAN MENINGGAL AKIBAT GEMPA MALANG BERMAGNITUDO 6,1   MENKEU PERPANJANG DISKON LISTRIK GOLONGAN INDUSTRI, BISNIS, & SOSIAL SEBAGAI BAGIAN PEN 2021   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN TANGKAP 5 KAPAL VIETNAM DI LAUT NATUNA YANG MENCURI CUMI-CUMI   KEMENDAGRI CABUT HAK AKSES DATA KEPENDUDUKAN 153 LEMBAGA KARENA MELANGGAR PENJANJIAN KERJA SAMA