Kompas TV regional berita daerah

Status WNI Masih Diragukan, Pelantikan Orient Riwu sebagai Bupati Sabu Raijua Ditunda

Kompas.tv - 25 Februari 2021, 12:38 WIB
status-wni-masih-diragukan-pelantikan-orient-riwu-sebagai-bupati-sabu-raijua-ditunda
Orient P Riwu Kore (kiri) yang menjadi Bupati terpilih Sabu Raijua Nusa Tenggara Timur diduga masih menjadi warga negara Amerika Serikat (Sumber: akun Facebook Orientriwukore)
Penulis : Gading Persada

KUPANG, KOMPAS.TV- Masih ingat dengan Orient P Riwu Kore? Pria yang sempat viral beberapa waktu lalu lantaran status Warga Negara Indonesia (WNI)-nya diragukan karena masih tercatat sebagai warga Amerika Serikat, padahal dia terpilih sebagai Bupati Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ternyata pelantikan dirinya bersama pasangannya sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih Sabu Raijua ditunda.

Sejatinya, Orient dilantik sebagai Bupati Sabu Raijua bersama pasangannya Thobias Uly sebagai Wakil Bupati pada Jumat, 26 Februari 2021 besok.

Baca Juga: Orient P Riwu Kore: Saya WNI

Keduanya dilantik bersamaan dengan pelantikan lima bupati lainnya yang ada di Provinsi NTT.

Ke-lima bupati/wakil bupati yang dilantik itu adalah Juandi David dan Eusabius Binsasi (Kabupaten Timor Tengah Utara), Khristofel Praing dan David Melo Wadu (Kabupaten Sumba Timur), Herybertus Nabit dan Heribertus Ngabut (Kabupaten Manggarai), Andreas Paru dan Raymundus Bena (Kabupaten Ngada), serta Edistasius Endi dan Yulianus Weng (Kabupaten Manggarai Barat).

Baca Juga: Orient P Riwu Kore yang Warga AS jadi Bupati Terpilih Sabu Raijua, Ini Kata KPU Pusat

Melansir Antara, Kamis (25/2/2021), penundaan pelantikan itu sesuai dengan surat Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT perihal pemberitahuan pengambilan sumpah/janji dan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih.

Dalam surat yang ditandatangani Sekda NTT, Benediktus Polo Maing, hanya ditujukan kepada lima dari enam pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih hasil Pilkada Serentak 2020 yang telah diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri.

“Pelantikan bupati dan wakil bupati pada tahap pertama yang akan digelar pada Jumat, 26 Februari ini hanya untuk lima kabupaten. Sedangkan, untuk Riwu Kore dan Uly waktu pelantikannya ditunda karena masih berproses di Kementerian Dalam Negeri,” papar Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda NTT, Doris Rihi, Kamis (25/2/2021).

Baca Juga: Profil Orient P Riwu Kore, Bupati Terpilih Sabu Raijua yang WN Amerika, Punya Anak Seorang Sniper

Doris sendiri tak menampik bahwa penundaan pelantikan pasangan yang diusung PDI Perjuangan dan Partai Demokrat ini diduga karena adanya persoalan kewarganegaraan Riwu Kore yang diketahui juga memiliki kewarganegaraan Amerika Serikat.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawslu) Kabupate Sabu Raijua menyatakan telah menerima konfirmasi dari Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta bahwa Riwu Kore itu warga negara Amerika Serikat.

Baca Juga: Sabu Raijua Orient P Riwu Kore Tercatat Warga AS, Bawaslu: Dia Bukan WNI, Tak Berhak jadi Bupati



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.