Kompas TV nasional berita utama

TNI: Pemasok Senjata dan Amunisi ke KKB Ditangkap di Nabire

Kompas.tv - 25 Februari 2021, 12:14 WIB
tni-pemasok-senjata-dan-amunisi-ke-kkb-ditangkap-di-nabire
Ilustrasi Senjata api rakitan. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Gading Persada

PAPUA, KOMPAS.TV - Seorang pria yang bekerja sebagai supir berinsial R (42) ditangkap tim gabungan TNI-Polri. Pria tersebut diduga menjadi pemasok senjata api (senpi) dan amunisi untuk Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua di Nabire.

Menurut Komandan Korem (Danrem) 173/PVB Biak Brigjen TNI Iwan Setiawan, penangkapan terhadap R dilakukan setelah tim melakukan penyelidikan secara intensif.

Baca Juga: Polda Maluku Telusuri Kemungkinan Tersangka Baru Terkait Kasus Dugaan Penjualan Senjata ke KKB

R ditangkap beserta sejumlah barang bukti yakni dua senjata api jenis air soft gun dan juga puluhan amunisi berbagai kaliber serta satu kotak amunisi untuk air soft gun.

“Memang benar tim gabungan TNI-Polri telah menangkap R di Nabire yang diduga sebagai pemasok senpi dan amunisi untuk KKB. Kami amankan juga sejumlah barang bukti salah satunya 28 amunisi berbagai kaliber,” kata Iwan Setiawan, Rabu (24/2/2021) malam.

Baca Juga: Pengakuan Anggota TNI Praka MS: Tak Tahu Amunisi akan Dijual ke KKB, Niatnya Dipakai untuk Berburu

Melansir Antara, Danrem menjelaskan, bahwa R yang ditangkap pada Selasa (23/2/2021) itu sudah diamankan di Mapolres Nabire untuk diperiksa lebih lanjut guna mengetahui asal senpi dan amunisi,.

“Kami berharap dapat mengungkap lebih jauh kasus tersebut,” imbuh jenderal bintang satu itu.

Sebelumnya Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menyebut Nabire saat ini diduga dijadikan pusat bagi penyaluran senpi dan amunisi untuk KKB .

Baca Juga: Mabes Polri Berangkatkan Tim Khusus Ungkap 2 Polisi Jual Senjata ke KKB Papua

Karena itu pihaknya selalu bersinergi dengan TNI untuk mengungkap kasus tersebut guna memutus mata rantai pemasokan senpi dan amunisi ke KKB.

Sebagaimana diketahui, awal Januari 2021 lalu telah diamankan MS bersama empat pucuk senpi yang dibeli dari Sanger Talaud, Sulut.

“Senpi yang diamankan dari MS diduga berasal dari Filipina akan dijual ke KKB,” kata Irjen Pol Waterpauw.

Baca Juga: TNI dengan KKB Papua Terus Memanas, Pemuka Agama Minta Konflik Intan Jaya Diakhiri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x