Kompas TV regional kriminal

Praktik Investasi Bodong Yalsa Boutique: Punya 225 Reseller dan 3.755 Member

Kamis, 25 Februari 2021 | 10:43 WIB

ACEH, KOMPAS.TV - Kepolisian Daerah Aceh mengusut dugaan investasi bodong yang diduga dilakukan sebuah perusahaan busana muslim, Yalsa Boutique, senilai 20 miliar rupiah.

Yalsa boutique disebut menghimpun dana investasi dari anggotanya dengan iming-iming keuntungan hingga 50 persen tanpa izin dari otoritas jasa keuangan (OJK).

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Winardy, menyatakan kasus dugaan investasi bodong yang dilakukan Yalsa Boutique bermula dari laporan masyarakat pada 11 Februari 2021 lalu.

Dalam perkara itu, para anggota dijanjikan keuntungan dari penjualan pakaian sebesar 30-50 persen.

Namun dalam perjalanannya, pemilik usaha menghentikan penyetoran dan menyatakan uang yang sudah disetor hangus seluruhnya.

Belakangan diketahui bisnis yang dijalankan oleh pemilik Yalsa Boutique tidak mengantongi izin dari OJK.

25 orang telah diperiksa dalam kasus ini termasuk pemilik dan admin Yalsa Boutique.

Sejumlah aset juga telah disita pihak kepolisian di antaranya kendaraan mewah dan rumah pemilik butik.

Dalam bisnis ini, pemilik butik merekrut resseller yang bertugas untuk mencari member yang mau berinventasi.

Hingga kini Yalsa Boutique telah merekrut 225 resseller dan 3.755 member yang tersebar di Aceh, Medan, hingga Riau, dengan jumlah dana yang dihimpun mencapai 20 miliar rupiah.

Polisi berharap agar member Yalsa Boutique yang merasa dirugikan segera melapor.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:53
IKUTI WEBINAR "BERPARTNER DENGAN MEDIA" BERSAMA TIM HARIAN KOMPAS, DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID!   FORUM KONSERVASI GAJAH INDONESIA: HABITAT GAJAH SUMATERA DI BENGKULU MAKIN TERDESAK OLEH PENEBANGAN LIAR   BMKG: WASPADA ANCAMAN BANJIR PESISIR DI WILAYAH SULAWESI UTARA DAN SEKITARNYA DALAM BEBERAPA HARI KE DEPAN   BNPB KELUARKAN PERINGATAN DINI BAGI 30 WILAYAH DI INDONESIA SOAL ANCAMAN SIKLON TROPIS   PEMERINTAH: 13 APRIL 2021, JUMLAH SPESIMEN KORONA YANG DIPERIKSA MENCAPAI 13.489.825 SPESIMEN   HINGGA 13 APRIL 2021, JUMLAH SUSPEK KORONA DI INDONESIA MENCAPAI 58.450 ORANG   SATGAS COVID-19: HARI INI, ANGKA KEMATIAN AKIBAT COVID-19 DI INDONESIA BERTAMBAH 126 KASUS, TOTAL 42.782 KASUS   SATGAS COVID-19: JUMLAH PASIEN SEMBUH HARI INI BERTAMBAH 6.349 ORANG, TOTAL 1.426.145 ORANG   SATGAS COVID-19: HARI INI DI INDONESIA ADA PENAMBAHAN 5.702 KASUS POSITIF KORONA, TOTAL 1.577.526 KASUS   PP MUHAMMADIYAH ANGGAP TIDAK MUDIK SEBAGAI BENTUK TANGGUNG JAWAB MORAL DAN KESALEHAN DIRI   PP MUHAMMADIYAH DUKUNG KEBIJAKAN PEMERINTAH SOAL LARANGAN MUDIK LEBARAN GUNA CEGAH PENULARAN KORONA   MUI MINTA UMAT ISLAM DUKUNG KEBIJAKAN PEMERINTAH TANGGULANGI COVID-19   KEMENTAN SIAP AMANKAN KETERSEDIAAN PANGAN SAAT RAMADAN DAN LEBARAN   HINGGA SAAT INI, BPOM BELUM KELUARKAN IZIN PERSETUJUAN PELAKSANAAN UJI KLINIS FASE II VAKSIN NUSANTARA