Kompas TV nasional peristiwa

Akan Dilantik Jokowi, Ini Tiga Gubernur dan Wagub Terpilih Hasil Pilkada 2020

Kamis, 25 Februari 2021 | 10:04 WIB
akan-dilantik-jokowi-ini-tiga-gubernur-dan-wagub-terpilih-hasil-pilkada-2020
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Sumber: Youtube Kemensos.)

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo dijadwalkan melantik tiga kepala daerah terpilih hasil Pilkada 2020 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (25/2/2021).

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Kamis (25/2/2021). “Betul,” singkat Budi.

Budi mengatakan, tiga kepala daerah yang dilantik adalah hasil dari pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pada Pilkada 2020 yang dilakukan di Sumatera Barat, Kepulauan Riau, dan Bengkulu.

Sebagai informasi, sesuai ketetapan KPU Sumatera Barat, Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Sumbar dimenangkan oleh Mahyeldi - Audy Joinaldy. Berdasar data KPU Sumbar, pasangan ini meraih suara terbanyak ketimbang lawannya, dengan perolehan 726.853 suara atau persentase suara mencapai 32,43 persen.

Baca Juga: Tiga Pasang Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan Dilantik Presiden Jokowi Hari Ini

Sementara itu, untuk Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Kepulauan Riau adalah Ansar Ahmad-Marlin Agustina. Pasangan ini, menjadi pemenang pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Pilkada 2020 dalam rapat pleno tingkat provinsi di Tanjungpinang, Sabtu (19/12).

Ansar Ahmad-Marlin Agustina yang didukung oleh empat partai politik meraih 308.553 suara atau sebesar 39,97 persen.

Sedangkan sesuai ketetapan KPU, untuk Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Bengkulu dimenangkan oleh Rohidin Mersyah-Rosjonsyah. Berdasarkan hasil rapat pleno KPU Provinsi Bengkulu, Rohidin Mersyah- Rosjonsyah mendapat dukungan terbanyak dengan perolehan 418.080 suara atau 41,20%.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x