Kompas TV internasional kompas dunia

Intelijen AS Laporkan Keterlibatan Putra Raja Salman Dalam Pembunuhan Khashoggi

Kamis, 25 Februari 2021 | 10:02 WIB
intelijen-as-laporkan-keterlibatan-putra-raja-salman-dalam-pembunuhan-khashoggi
Jamal Khashoggi, jurnalis Washington Post yang dibunuh secara keji di kantor Konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2018. Laporan intelijen AS mengungkapkan keterlibatan Putera Raja Salman dalam pembunuhan ini. (Sumber: Associated Press)

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyatakan telah membaca laporan intelijen tentang kasus pembunuhan jurnalis Washington Post, Jamal Khashoggi. Laporan intelijen AS tersebut melaporkan peran yang dimainkan putra raja Arab Saudi, dalam pembunuhan brutal terhadap Khashoggi.

Dikutip dari Al Jazeera, laporan yang tidak diklasifikasikan dari Kantor Direktur Intelijen Nasional (DNI) AS menyiratkan bahwa Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, yang juga dikenal sebagai MBS, terlibat dalam pembunuhan Khashoggi dan pemotongan tubuhnya.

“Saya akan berbicara dengannya (Raja Salman), tapi hingga kini saya belum berbicara dengannya,” ujar Biden menanggapi pertanyaan wartawan mengenai kasus ini, Kamis (24/2/2021).

Baca Juga: Sesumbar Donald Trump, Lindungi Mohammed Bin Salman dari Pembunuhan Jamal Khashoggi

Khashoggi merupakan kolumnis surat kabar Washington Post dan kritikus kebijakan pemerintah Arab Saudi. Dia dibunuh di Konsulat Arab Saudi di Istanbul pada Oktober 2018. Saat itu Khashoggi pergi ke kantor konsulat untuk mendapatkan dokumen yang dia butuhkan untuk pernikahannya.

Media AS kemudian melaporkan bahwa CIA telah menyimpulkan bahwa MBS terlibat dalam pembunuhan ini.

MBS dengan keras telah membantah tuduhan tersebut, namun telah menerima tanggung jawab sebagai pemimpin de facto kerajaan.

Penulis : Tussie Ayu





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:02
POLRI SEGERA TERBITKAN DAFTAR PENCARIAN ORANG ATAS JOZEPH PAUL ZHANG YANG MENGAKU SEBAGAI NABI KE-26   DINAS KESEHATAN KALIMANTAN BARAT: VAKSINASI WARGA LANSIA TAHAP DUA BARU MENCAPAI 1,25 PERSEN   PEMKAB BANYUMAS BENTUK POS KOMANDO PELAKSANAAN TUNJANGAN HARI RAYA KEAGAMAAN 2021   MENAKER LUNCURKAN POSKO THR UNTUK MEMANTAU DAN MENGATASI MASALAH PEMBERIAN THR   KEMENDESA PDTT TERUS GIATKAN SOSIALISASI LARANGAN MUDIK LEBARAN DEMI KESEHATAN BERSAMA    PEMPROV DKI JAKARTA BUKA VAKSINASI UNTUK PELAKU EKONOMI KREATIF, DARI PEMUSIK HINGGA PENGUSAHA KULINER   MENAG DORONG APARAT PENEGAK HUKUM TINDAK PELAKU UJARAN KEBENCIAN YANG MENGARAH KE PENISTAAN AGAMA   WALI KOTA DEPOK MOHAMMAD IDRIS: PEMKOT DUKUNG PENGUSUTAN DUGAAN KORUPSI DAMKAR DEPOK   SATPOL PP DIRIKAN 8 POSKO DI PASAR TANAH ABANG UNTUK PANTAU PELANGGARAN PROTOKOL KESEHATAN   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN MINTA PEMERINTAH CARI SOLUSI CEGAH PERKAWINAN ANAK   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN DORONG KEMENTERIAN PPPA, KPAI, BPS PETAKAN DAERAH YANG BANYAK PERKAWINAN ANAK   PEMKOT BANDUNG MENYATAKAN 50 PERSEN TENAGA PENDIDIK TELAH DIVAKSINASI COVID-19   BADAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI KEMBANGKAN BERBAGAI TEKNOLOGI MITIGASI PERUBAHAN IKLIM   MENTERI PPPA DORONG FORUM ANAK DAPAT DIBENTUK HINGGA KE TINGKAT KECAMATAN DAN DESA