Kompas TV nasional peristiwa

Beredar Foto dan Video Mobil Bertumpukan Setelah Banjir, Cek Fakta Sebenarnya

Kompas.tv - 25 Februari 2021, 09:22 WIB
beredar-foto-dan-video-mobil-bertumpukan-setelah-banjir-cek-fakta-sebenarnya
Tangkapan layar mobil terbawa hanyut akibat banjir. Kominfo menyebutkan informasi tersebut keliru (sumber: kominfo.go.id)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menelusuri foto dan video yang beredar di media sosial terkait banjir di Jakarta dan Bekasi, Jawa Barat, beberapa hari lalu. Hasil penelusuran yang dibagian di laman kominfo.go.id. Senin (22/2/2021) memperlihatkan fakta sebenarnya:

Penelusuran pertama, beredar dua buah foto memperlihatkan suasana banjir. Pertama, foto sebuah mobil berwarna hitam terseret banjir atau hanyut dan kedua, suasana banjir di sekitar gerbang perumahan.

Unggahan itu disertai narasi "Boooong, jgn sekali kali bilang jakarta banjir yaaaah....Ini sarana wisata baru ARUNG JERAAAAM Booooong......Hebat nya ANIS SELALU MEMBERIKAN SESUATU YG GRATIS UNTUK WARGA INDONESIA RAYA INI. SEKALI LAGI YA". 

Dilansir dari Medcom.id, klaim bahwa foto banjir itu berkaitan dengan Anies Baswedan, tidak berdasar. Faktanya wilayah banjir tersebut bukan di Jakarta, melainkan di Kota Tangerang, Banten,  tepatnya di Perumahan Ciledug Indah 1.

Kemudian, dua foto itu sebenarnya memperlihatkan suasana banjir pada tahun sebelumnya. Di antaranya seperti yang tampak pada video berdurasi 1 menit 9 detik. Video ini diunggah kanal YouTube Bolank channel pada 1 Januari 2020.

Penelusuran kedua, beredar unggahan video Youtube yang memperlihatkan beberapa mobil yang terbalik dan saling bertumpukan. Video tersebut diklaim sebagai video kondisi setelah banjir surut di Bekasi tahun 2021. Unggahan itu disertai narasi "BANJIR DI BEKASI 2021 !!! MOBIL BANYAK TERBALIK !!!". 

Berdasarkan hasil penelusuran turnbackhoax.id, klaim pada unggahan video yang beredar tersebut adalah keliru. 

Diketahui video tersebut bukan peristiwa setelah banjir yang melanda Bekasi sejak 19 Februari 2021 kemarin, melainkan video setelah banjir surut di Jatiasih, Bekasi, pada tanggal 2 Januari 2020. Video serupa juga pernah disebarkan dengan narasi banjir yang melanda Sampang, Madura pada Desember 2020, serta Kalimantan Selatan pada Januari 2021 lalu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x