Kompas TV internasional kompas dunia

Di Tengah Kontoversi, Hungaria Jadi Negara Uni Eropa Pertama yang Menggunakan Vaksin Buatan China

Kamis, 25 Februari 2021 | 06:08 WIB
di-tengah-kontoversi-hungaria-jadi-negara-uni-eropa-pertama-yang-menggunakan-vaksin-buatan-china
Csaba Lengyel, Presiden Gyorgyi Albert Clinic Center menunjukkan vaksin Covid-19 buatan Sinopharm, Cina, di Universitas di Szeged, Hungaria, Rabu, 24 Februari 2021. (Sumber: Tibor Rosta / MTI via AP)

BUDAPEST, KOMPAS.TV - Para dokter di Hungaria pada Rabu (24/2/2021) mulai memberikan vaksin Covid-19 yang dikembangkan di China. Hal ini menjadikan Hungaria sebagai negara Uni Eropa pertama yang menggunakan vaksin buatan China.

Hungaria telah setuju untuk membeli 5 juta dosis vaksin Sinopharm selama empat bulan ke depan. Jumlah ini cukup untuk mengimunisasi 2,5 juta orang dengan suntikan sebanyak dua kali.

Dokter di seluruh Hungaria telah diperintahkan untuk memberikan vaksin tersebut kepada pasien lanjut usia.

Di Budapest, Dr. Zoltan Komaromi mulai memberikan vaksin Sinopharm, terlepas dari kekhawatiran pribadinya atas sedikitnya sampel percobaan dalam vaksin ini. Ia melihat, pembelian vaksin China sebagai tekanan dari pejabat pemerintah untuk menyetujui vaksin tersebut.

Baca Juga: Otoritas Obat-obatan Mesir Setujui Vaksin Covid-19 Buatan Sinopharm, Vaksinasi Segera Dimulai

"Ada ketidakpercayaan (di kalangan warga Hungaria). Ini karena politisi tidak berbicara jujur tentang vaksinasi. Tindakan resmi sangat kacau. Juga aneh bagi publik bahwa menteri luar negeri dan perdana menteri secara efektif meminta pihak berwenang untuk menyetujui vaksin (Sinopharm) ini," kata Dr. Zoltan Komaromi seperti dikutip dari the Associated Press.

Namun demikian, Dr. Komaromi mengatakan, ia akan memberikan vaksin Sinopharm kepada pasiennya, jika permintaan itu datang dari pasien sendiri. Dia akan meminta pasiennya untuk menandatangani pernyataan bahwa dirinya memberikan vaksin secara profesional agar pasien sadar akan hak-hak mereka.

Penulis : Tussie Ayu





BERITA LAINNYA


Beranda Islami

Sedekah Di Masa Sulit

Jumat, 16 April 2021 | 09:18 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
09:39
AS ROMA AKAN MELAWAN MANCHESTER UNITED DI SEMIFINAL LIGA EUROPA   MANCHESTER UNITED, ARSENAL, AS ROMA, DAN VILLARREAL LOLOS KE SEMIFINAL LIGA EUROPA   OLIMPIADE TOKYO AKAN DISELENGGARAKAN PADA 23 JULI-8 AGUSTUS 2021   FEDERASI TENIS INTERNASIONAL (ITF) PERPANJANG PERIODE KUALIFIKASI OLIMPIADE TOKYO HINGGA 14 JUNI 2021   PEBALAP MARC MARQUEZ DINYATAKAN LOLOS TES MEDIS UNTUK GRAND PRIX MOTOGP PORTUGAL   GRAND PRIX FORMULA 1 KANADA DIBATALKAN AKIBAT PANDEMI KORONA   SHALAT TARAWIH DI MASJID NABAWI DAN MASJIDIL HARAM DIKURANGI MENJADI 10 RAKAAT   RAJA ARAB SAUDI SALMAN BIN ABDULAZIZ AL-SAUD IZINKAN MASJID NABAWI DAN MASJIDIL HARAM GELAR SHALAT TARAWIH   DUA ANGGOTA KKB PIMPINAN PUROM WENDA DI KABUPATEN LANNY JAYA, PAPUA, SERAHKAN DIRI KE POLISI   DISHUB JATIM PERBOLEHKAN WARGA MUDIK LOKAL JIKA PUNYA SURAT TUGAS   DISHUB JATIM MELARANG WARGA MUDIK DI PERKOTAAN/KABUPATEN YANG TERHUBUNG DALAM KESATUAN WILAYAH (MUDIK LOKAL)   PEMPROV KALTENG PERKETAT SYARAT MASUK WILAYAHNYA DENGAN TES ANTIGEN/PCR   WAKIL WALI KOTA BATAM AMSAKAR ACHMAD DAN ISTRINYA POSITIF TERINFEKSI COVID-19   SATGAS COVID-19: JABAR JADI PROVINSI TERBAIK PENERAPAN PPKM MIKRO DI INDONESIA