Kompas TV internasional kompas dunia

Lukisan Kanguru Berusia 17.300 Tahun Diidentifikasi Sebagai Lukisan Batu Tertua di Australia

Kompas.tv - 25 Februari 2021, 04:05 WIB
lukisan-kanguru-berusia-17-300-tahun-diidentifikasi-sebagai-lukisan-batu-tertua-di-australia
Foto dokumentasi yang diabadikan pada 15 Juli 2016 ini menunjukkan lukisan kanguru di wilayah Kimberley, Australia. (Sumber: Xinhua/Peter Veth)
Penulis : Edwin Shri Bimo

SYDNEY, KOMPAS.TV - Sebuah lukisan kanguru sepanjang 2 meter yang berasal dari 17.300 tahun silam di wilayah Kimberley, Australia Barat, diakui sebagai lukisan batu utuh tertua di Australia, seperti dilansir Xinhua, Rabu (24/02/2021)

Penggambaran naturalistik hewan merupakan tema umum dalam seni melukis batu tertua di dunia.

Dalam makalah yang diterbitkan di jurnal Nature Human Behavior pada Selasa (23/02/2021), tim peneliti yang dipimpin oleh Universitas Melbourne menggunakan penanggalan radiokarbon dari 27 sarang tawon lumpur pada 16 lukisan serupa di Kimberley untuk mengidentifikasi salah satu lukisan yang menampilkan kanguru sebagai lukisan batu in-situ tertua sejauh ini.

Baca Juga: Penelitian: Lukisan Gua di Maros Jadi Yang Tertua di Dunia, Berumur 45,500 Tahun

Damien Finch dari Universitas Melbourne, penulis pertama makalah tersebut, mengatakan sarang tawon lumpur yang berada di atas dan di bawah sebuah lukisan sangat jarang ditemukan, sehingga dapat membantu menentukan usia minimum dan maksimum dari karya seni tersebut.

"Kami melakukan penanggalan radiokarbon terhadap tiga sarang tawon yang berada di bawah lukisan dan tiga sarang yang dibangun di atasnya untuk menentukan, dengan pasti, bahwa lukisan tersebut berusia antara 17.100 hingga 17.500 tahun, kemungkinan besar 17.300 tahun," kata Finch.

"Ini menjadikannya sebagai lukisan in-situ tertua yang diketahui di Australia."

Finch mengatakan ini adalah temuan penting yang memberikan wawasan tentang dunia ketika para seniman kuno hidup, "periode Naturalistik yang mencakup Zaman Es Terakhir, jadi lingkungannya lebih dingin dan lebih kering dibanding saat ini."

Baca Juga: Dengarkan! Terompet Sangkakala Tertua di Dunia Kembali Ditiup di Prancis Setelah 17.000 Tahun

Foto dokumentasi yang diabadikan pada 7 Juli 2016 ini menunjukkan para peneliti merekam lukisan kanguru di wilayah Kimberley, Australia. (Sumber: Xinhua/Peter Veth)


Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.