Kompas TV regional peristiwa

Warga Temukan Struktur Batu Bata Kuno Diduga Peninggalan Keraton

Kompas.tv - 25 Februari 2021, 02:24 WIB
warga-temukan-struktur-batu-bata-kuno-diduga-peninggalan-keraton
Seorang warga menunjukkan temuan batu bata kuno di area persawahan Dusun Bataan, Desa Jebung Kidul, Tlogosari, Bondowoso, Jawa Timur, Rabu (24/2/2021).  (Sumber: Surya.co.id/danendra kusumawardana )
Penulis : Fadhilah

 

BONDOWOSO, KOMPAS.TV - Warga Dusun Bataan, Desa Jebung Kidul, Kecamatan Tlogosari, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, kembali menemukan struktur batu bata di persawahan.

Struktur batu bata kuno di area persawahan itu disebut bekas sebuah keraton. Sebelumnya juga ditemukan struktur batu bata yang sama di pemukiman warga.

Ahmad Ja'far (43) merupakan salah satu warga Dusun Bataan yang menemukan batu bata kuno itu. Ia menemukan batu bata kuno tanpa sengaja saat bermain merpati bersama sejumlah koleganya tiga hari lalu.

Baca Juga: Tim BPCB Temukan Benda Bersejarah di Situs Gedog yang Diduga Peninggalan Kerajaan Majapahit

Sementara warga Dusun Bataan lainnya, Supaidah (70), mengatakan, struktur batu bata yang diduga peninggalan keraton tersebut diceritakan turun menurun.

Warga percaya bahwa sebuah keraton pernah berdiri di atas hamparan sawah lantaran banyak ditemukan batu batu kuno.

"Kemungkinan yang tertimbun dalam tanah merupakan sebuah pondasi bangunan keraton itu," katanya dikutip dari Surya.co.id, Rabu (24/2).

Berdasar informasi warga, batu bata kuno memang kerap ditemukan di dinding tanah pematang sawah.

Sementara pantauan di lokasi, beberapa batu bata kuno itu tampak tersusun di dinding pematang sawah karena tak sepenuhnya tertimbun tanah. Luasan sebaran batu bata kuno diperkirakan 2 hektare.

"Pondasi bangunan disinyalir tertimbun di tanah pematang sawah. Bentuk pondasi mungkin mengikuti pematang sawah," jelas Supaidah.

Ia mengungkapkan, nama Dusun Bataan sebenarnya punya arti batu bata. Maka tak ayal bila ada struktur batu bata kuno yang tertimbun di dalam tanah Dusun Bataan.

"Bataan artinya adalah batu bata. Mungkin masyarakat dahulu menamai Dusun Bataan karena banyak ditemukan batu bata," tandasnya.

Baca Juga: Penemuan Benda Sejarah Peninggalan Kerajaan Kediri

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x