Kompas TV nasional politik

SBY Ungkap Sosok Orang yang Memfitnahnya Danai Aksi 212: Petinggi Bintang Empat

Kompas.tv - 24 Februari 2021, 23:44 WIB
sby-ungkap-sosok-orang-yang-memfitnahnya-danai-aksi-212-petinggi-bintang-empat
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memastikan dirinya tetap menjaga partai dari upaya penghancuran. (Sumber: YouTube Partai Demokrat)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengaku dituding oleh pihak sebagai orang yang menunggangi dan mendanai Aksi 212 di Monas, Jakarta Pusat, beberapa tahun lalu.

Seperti diketahui, Aksi 212 adalah Aksi Bela Islam III yang dilaksanakan pada 2 Desember 2016. Aksi tersebut diperkirakan diikuti oleh dua juta orang yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia.

Baca Juga: SBY Siap Jadi Benteng untuk Hadapi Gerakan Kudeta Partai Demokrat

Adapun aksi tersebut kala itu menuntut Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dipidanakan karena dianggap melakukan penodaan agama.

Terkait tudingan tersebut, SBY yang juga
Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu lantas mengungkap sosok orang yang disebutnya telah melakukan fitnah terhadap dirinya.

Meskipun tak menyebut namanya secara gamblang, SBY memastikan bahwa orang tersebut merupakan petinggi berbintang empat.

Baca Juga: SBY Turun Gunung Buat Pastikan Pembantu Dekat Presiden Jokowi Terlibat Kudeta Partai Demokrat

Menurut SBY, sosok orang itulah yang kemudian melaporkan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi bahwa SBY adalah orang yang menunggangi Aksi 212.

"Ada laporan baik yang secara serius disampaikan kepada Presiden Jokowi, maupun yang tidak, yang mengatakan bahwa SBY yang menunggangi dan mendanai Aksi 212," kata SBY saat memberikan arahan kepada kader Partai Demokrat pada Rabu (24/2/2021).

"Informasi itu disampaikan kepada saya oleh seorang petinggi 'berbintang empat', dan konon yang melaporkan kepada Presiden Jokowi adalah petinggi 'berbintang empat' yang lain."



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.