Kompas TV nasional peristiwa

Setelah Bebas, Abu Bakar Ba'asyir Silaturahim Ke Cak Nun, Kyai Gontor dan Tebuireng

Kompas.tv - 24 Februari 2021, 21:22 WIB
setelah-bebas-abu-bakar-ba-asyir-silaturahim-ke-cak-nun-kyai-gontor-dan-tebuireng
Silaturahim Cak Nun dan Abu Bakar Ba'syir  Senin (22/2/2021) (sumber: Facebook Ponpes Islam Al Mukmin Ngeruki)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Abu Bakar Ba'asyir yang pernah mendekam di penjara selama 15 tahun dalam kasus terorisme, mengisi hari-hari bebasnya dengan berkunjung kepada para sahabat lamanya dan kyai di Jawa Timur.

Pada Senin (22/2/2021) misalnya, dia mengunjungi budayawan Cak Nun di kediamannya di Kadipiro, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Abu Bakar disambut hangat Cak Nun.

Seperti dilihat di facebook Pondok Pesantren Islam Al Mukmin Ngeruki, kedua sahabat lama ini berbincang hangat.

"Silaturahmi yang dilakukan oleh Ustad Abu merupakan acara silaturahmi dan bagian dari bentuk terimakasih beliau terhadap Cak Nun yang telah membantu membesarkan hati santri-santri Ustad Abu di Solo, beberapa waktu sebelum vonis hakim pasca penangkapan paksa saat beliau dirawat di rumah sakit PKU Muhammadiyah Surakarta saat itu," terang Ustad Iim, putra  Abu Bakar Baasyir.

Baca Juga: Abu Bakar Ba'asyir Bebas, Pengamat Terorisme Berharap Ada Deradikalisasi

Silaturahmi ini juga merupakan ajang reuni karena keduanya berasal dari satu almamater yaitu sama-sama lulusan Pondok Pesantren Gontor. "Dengan sikap ramah, dan candaan khas ala Cak Nun, memberikan kesan yang luar biasa di hati Ustad Abu," kata Ustad Iim.

Dalam perbincangan  hangat, keduanya bicara banyak hal termasuk akibat penggunaan media sosial yang salah dan lebih mengarah kepada sisi-sisi yang negatif.  

Menurut Ustad Iim, ayahnya sempat menjadi korban pemberitaan yang merugikan.

Pertemuan ini ditutup dengan harapan dan do'a  mengharap kepada Allah menyelamatkan bangsa Indonesia.

Baca Juga: Abu Bakar Ba'asyir Bebas, BNPT Siapkan Program Deradikalisasi

Sebelumnya, pada Kamis (11/2/2021) lalu, Abu Bakar juga berkunjung ke ke pesantren Darussalam Gontor dan Tebuireng, yang keduanya terletak di Jawa Timur.

Di Gontor, Abu Bakar diterima langsung oleh para kyai pimpinan pondok yaitu KH Hasan Abdullah Sahal, Prof KH Amal Fathullah Zarkasyi dan KH Akrim Mariyat.

Sebelum meninggalkan pondok, Abu Bakar beserta rombongan menyempatkan ziarah ke makam pendiri. 

Setelah dari Gontor, rombongan kemudian melanjutkan silaturahim ke Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang.

Di ponpes yang didirikan oleh pendiri NU KH Hasyim Asy'ari ini, rombongan Abu Bakar diterima pimpinan pondok Gus Kikin,  sapaan  KH Abdul Hakim Mahfudz, cicit KH Hasyim Asy'ari.

Baca Juga: Abu Bakar Ba'asyir Ucapkan Terima Kasih Saat Bebas

Dalam postingannya disebutkan bahwa lawatan silaturahmi tersebut bertujuan untuk menjalin ukhuwah Islamiyyah dan ukhuwah imaniah dan diharapkan akan menjadi tali penghubung dan pemersatu umat Islam di Indonesia yang kita cintai.  

Sehingga dengan umat Islam bersatu, Indonesia menjadi negara yang diridhoi oleh Allah, mejadi Baldatun Thoyyibatun wa Rabbun Ghofur kemudian barakah dari langit maupun dari bumi, bisa dinikmati seluruh warga negara.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x