Kompas TV tekno gadget

Mengapa Dilarang Gunakan Ponsel di SPBU? Ini Penjelasannya

Rabu, 24 Februari 2021 | 20:59 WIB
mengapa-dilarang-gunakan-ponsel-di-spbu-ini-penjelasannya
Ilustrasi SPBU, Pertamina pastikan masih jual BBM jenis Premium dan Pertalite. (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Saat mengisi bahan bakar minyak (BBM) di stasiun bahan bakar umum (SPBU), pengendara motor sering menjumpai tanda larangan di atas gambar ponsel. Bagaimana penjelasannya?

Simbol itu menandakan imbauan untuk tidak menggunakan ponsel di area pengisian bahan bakar.

Ada beberapa anggapan bahwa ponsel dapat menyebabkan kebakaran di pom bensin. Namun, apa benar anggapan itu?

Baca Juga: Ini Cara Aman Menyalip Agar Tabrakan Maut Avanza vs Bus di Tebing Tinggi Tak Terulang

Yuyu Wahyu, Peneliti dari Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi LIPI mengatakan, dugaan yang beredar di masyarakat itu tidak benar. Menurut Yuyu, tetap aman menggunakan ponsel di pom bensin.

"(Sinyal ponsel) itu tidak menimbulkan api sebenarnya," kata Yuyu ketika dihubungi KompasTekno.

Sinyal ponsel memiliki level yang kecil, sekitar -90dBm (decibel-miliwatts). Yuyu juga mengatakan, api bisa timbul kemungkinan karena sambungan baterai yang tidak baik.

Penulis : Ahmad Zuhad





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:37
GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN SEBUT PENINGKATAN MASYARAKAT MISKIN DI JAKARTA TERJADI KETIKA PANDEMI COVID-19   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN: MASYARAKAT MISKIN ATAU MASYARAKAT DENGAN EKONOMI RENTAN MENINGKAT   KKP MELEPAS EKSPOR PRODUK PERIKANAN DI SEJUMLAH WILAYAH INDONESIA SEBANYAK 11.637 TON ATAU SENILAI 1 TRILIUN   JADI TUAN RUMAH PORPROV BANTEN 2022, PEMKOT TANGERANG MULAI BENAHI 11 GEDUNG OLAHRAGA   AIRLANGGA HARTARTO: SINERGI RENCANA KERJA PEMDA DENGAN PEMERINTAH PENTING UNTUK PEMULIHAN EKONOMI   MENKO PEREKONOMIAN AIRLANGGA HARTARTO MEMINTA RENCANA KERJA PEMDA DISINERGIKAN DENGAN PEMERINTAH PUSAT   POLRI ANCAM PENJARAKAN TRAVEL GELAP YANG NEKAT ANGKUT PENUMPANG UNTUK MUDIK LEBARAN   POLISI: APLIKASI SIM DARING NAMANYA DIGITAL KORLANTAS POLRI   POLISI: SIM DARING SUDAH MELUNCUR, SIM KELILING TETAP BUKA   POLDA METRO JAYA SEKAT 16 JALUR TIKUS UNTUK KELUAR JABODETABEK   KAKORLANTAS POLRI AKAN SANKSI JAJARANNYA YANG LOLOSKAN PEMUDIK DARI PENYEKATAN   POLDA JAWA BARAT MINTA PEMDA DATA PEMUDIK SUDAH PULANG KAMPUNG DULUAN   LARANGAN MUDIK LEBARAN, POLDA JAWA BARAT SIAPKAN 120 TITIK PENYEKATAN   KAPOLRI HARAP PERPANJANG SIM DI APLIKASI DARING HAPUS CELAH CALO