Kompas TV internasional kompas dunia

Layanan Kereta Cepat Shinkansen Tokyo Kembali Beroperasi Pasca Gempa 7,3

Kompas.tv - 24 Februari 2021, 20:24 WIB
layanan-kereta-cepat-shinkansen-tokyo-kembali-beroperasi-pasca-gempa-7-3
Layanan kereta cepat Shinkansen antara Tokyo dan wilayah timur laut Jepang kembali beroperasional pada Rabu (24/2/2021). (Sumber: Wikipedia)

TOKYO, KOMPAS.TV - Layanan kereta cepat Shinkansen antara Tokyo dan wilayah timur laut Jepang kembali beroperasional pada Rabu (24/2/2021) setelah mengalami gangguan akibat gempa kuat yang melanda wilayah Tohoku Sabtu (13/2/2020) lalu.

Dikutip dari Kyodo News, jalur kereta cepat  Shinkansen Tohoku yang menghubungkan ibu kota Tokyo dengan wilayah tersebut kembali beroperasi sejak gempa berkekuatan 7,3 pada 13 Februari yang merusak tiang listrik dan jembatan di beberapa daerah di sepanjang jalur tersebut.

Pihak operator, East Japan Railway Co mengatakan, jumlah total kereta berkecepatan tinggi di jalur tersebut pada awalnya akan dibatasi hingga sekitar 80 persen dari tingkat sebelum gempa dalam waktu sekitar satu bulan.

Hal ini dikarenakan kereta harus melambat di bagian jalur yang baru saja diperbaiki. Yaitu dari Tokyo ke Stasiun Sendai atau Morioka di timur laut Jepang. Pelambatan ini akan memakan waktu sekitar satu jam lebih lama dari biasanya.

Selama perbaikan jalur kereta cepat pasca gempa, beberapa layanan di jalur tersebut dilakukan dengan pengoperasian bus, pesawat, dan kereta api lokal yang menawarkan layanan transportasi alternatif kepada penumpang.

Baca Juga: Operasional Shinkansen, Sekolah & Bisnis di Fukushima dan Miyagi Masih Terhenti

Sekitar 40 orang berbaris di kantor tiket Stasiun Sendai sebelum mulai beroperasi pada Rabu pagi.

"Saya takut tidak bisa naik kereta Shinkansen (karena kemacetan) jadi saya mulai mengantre sekitar jam 5 pagi. Karena saya tidak dapat pulang untuk sementara waktu karena gempa, saya ingin melakukan beberapa pekerjaan rumah tangga," kata Kiyotaka Saito (59), yang bekerja di Sendai dan sedang menuju ke rumahnya di Tokyo.

JR East sebelumnya menangguhkan semua layanan operasi kereta cepat antara Stasiun Nasushiobara Prefektur Tochigi, dan Stasiun Morioka Prefektur Iwate, pada 14 Februari.

Badan Manajemen Kebakaran dan Bencana Jepang menjelaskan, Gempa Tohoku pada 13 Februari itu menyebabkan lebih dari 180 orang terluka di 10 prefektur di timur laut dan timur Jepang.

Gempa ini juga menyebabkan pemadaman listrik dan air di area yang luas dan merusak lebih dari 2.600 rumah di prefektur Fukushima, Miyagi dan Yamagata. Namun demikian gempa ini tidak menimbulkan tsunami.

Gempa terjadi hanya beberapa minggu sebelum peringatan 10 tahun gempa berkekuatan 9,0 dan tsunami yang melanda timur laut Jepang pada Maret 2011. Dalam kejadian itu sekitar 16.000 orang tewas dan memicu krisis nuklir Fukushima. (Andy Lala)

Baca Juga: Mengintip Fasilitas Shinkansen, "Kereta Peluru" Kebanggaan Jepang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.