Kompas TV nasional peristiwa

Ridwan Kamil Pastikan Percepat Perbaikan Tanggul Sungai Citarum yang Jebol

Kompas.tv - 24 Februari 2021, 16:01 WIB

KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan pihaknya mempercepat penanganan tanggul Sungai Citarum yang jebol. 

Jebolnya tanggul Sungai Citarum mengakibatkan ribuan warga di dua kabupaten terdampak banjir.

Saat ini, banjir akibat jebolnya Tanggul Sungai Citarum di 9 desa di Bekasi Jawa Barat, sudah surut. Aktivitas di Desa Sumber Urip, salah satu wilayah banjir terparah, karena paling dekat dengan titik jebolnya tanggul, berangsur normal.

Sejumlah warga desa di Kecamatan Pebayuran memilih kembali ke rumah, dan membersihkan sampah sisa banjir, meski air dan listrik belum berfungsi.

Warga beraktivitas dengan penerangan seadanya menggunakan lilin. Walaupun perbaikan tanggul belum bisa dilakukan, sejumlah alat berat mulai didatangkan.

Akses jalan menuju kampung babakan yang tadinya terputus, kini sudah bisa dilalui kendaraan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang meninjau langsung lokasi jebolnya tanggul, di perbatasan kampung kongsi dan kampung babakan desa sumber urip menyebut perbaikan tanggul sedang dilakukan.

Selain itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, juga mengunjungi lokasi tanggul Sungai Citarum yang jebol. Ia berharap perbaikan tanggul bisa segera dilakukan agar warga bisa kembali beraktivitas dan tak perlu khawatir, akan terjadinya banjir susulan.

Kepolisian dan TNI menyiapkan 16 posko pengungsian, bagi 13 ribu warga yang terdampak.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x