Kompas TV nasional peristiwa

Gandeng Perusahaan Prancis, KKP Bangun Pelabuhan Perikanan Ramah Lingkungan

Rabu, 24 Februari 2021 | 11:41 WIB
gandeng-perusahaan-prancis-kkp-bangun-pelabuhan-perikanan-ramah-lingkungan
Pelabuhan perikanan yang akan dibangun KKP dan perusahaan Prancis AFD (sumber: KKP. go.id) 

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bekerja sama dengan The Agence Française de Développement (AFD) akan mengembangkan pelabuhan perikanan yang menerapkan sistem eco fishing port, yaitu pelabuhan dengan konsep perikanan yang ramah dan berwawasan lingkungan.

Menurut Plt Direktur Jenderal Perikanan Tangkap M. Zaini,  AFD telah melakukan studi program pengembangan eco fishing port tersebut sejak tahun 2014. Program  tersebut telah tercantum pula dalam Green Book/DRPPLN (Dokumen Rencana Pemanfaatan Pinjaman Luar Negeri) Tahun 2020 sesuai Kepmen PPN/Bappenas Nomor 65 Tahun 2020.

"Dengan terbitnya Green Book ini berarti Ditjen Perikanan Tangkap sebagai Executing Agency dan Direktorat Kepelabuhanan Perikanan selaku Implementating Agency perlu mempersiapkan kebutuhan untuk ke tahap selanjutnya, " kata Zaini dalam  rilisnya, Rabu (24/2/2021). 

Baca Juga: Menteri KKP Trenggono Buat Trobosan, Nelayan Akan Dapat Uang Pensiun

Pekan lalu, tim KKP sudah  melakukan peninjauan di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Cilacap dan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pekalongan bersama Direktur Kelautan dan Perikanan Bapennas yang akan diproyeksikan sebagai salah satu lokasi proyek.

Menurut Zaini, kedua lokasi tersebut telah memiliki studi kelayakan lingkungan dan siap untuk dilakukan pengembangan. Bahkan, pemerintah daerah setempat juga memberikan dukungan dalam rangka memajukan sektor kelautan dan perikanan di pesisir selatan dan utara Jawa tersebut.

"PPS Cilacap akan kita proyeksikan dalam kegiatan Outer Fishing Ports Development yang menjadi sentra industri energi, pengembangan untuk industri pertanian serta pengembangan untuk industri perikanan. Begitu pula PPN Pekalongan yang akan dikembangkan menjadi pelabuhan perikanan onshore sebagai upaya menanggulangi banjir pasang air laut (rob) yang kerap terjadi di wilayah kecamatan Pekalongan Utara," terangnya.

Penulis : Iman Firdaus




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:57
INGGRIS AKAN MEMBUAT BUNGKER BERGAYA "SITUATION ROOM" MILIK GEDUNG PUTIH AS DENGAN BIAYA RP 184 MILIAR   POLRI SIAP ANTISIPASI GANGGUAN KAMTIBMAS IMBAS KLB PARTAI DEMOKRAT   KTNA MENILAI RENCANA KEBIJAKAN IMPOR BERAS 1 JUTA TON TAK SEJALAN DENGAN PROYEKSI PRODUKSI DALAM NEGERI   KONTAK TANI NELAYAN ANDALAN (KTNA) DESAK PEMERINTAH TINJAU ULANG RENCANA KEBIJAKAN IMPOR BERAS 1 JUTA TON   IDI NUNUKAN, KALTARA: INSENTIF TENAGA KESEHATAN BELUM CAIR SEJAK FEBRUARI 2021   PEMKOT SOLO PERBOLEHKAN BIOSKOP DAN FASILITAS OLAHRAGA DIBUKA DENGAN MENERAPKAN PROKES KETAT   BUPATI DAN DPRD JEMBER TERBITKAN PERBUP ATAS MASALAH GAJI ASN PEMKAB YANG BELUM CAIR DALAM SEPEKAN TERAKHIR   SEBANYAK 75 KORBAN KEBAKARAN DI KELURAHAN JATINEGARA, KECAMATAN CAKUNG, JAKTIM, AKAN DIPINDAH KE RUSUN   KPK SEBUT PENGUSUTAN KASUS KORUPSI OLEH BUMD DKI TERKAIT PENGADAAN LAHAN DI CIPAYUNG, JAKTIM   IDI INGATKAN PEMERINTAH SOAL RENDAHNYA JUMLAH SPESIMEN TES COVID-19 DAPAT TIMBULKAN RASA AMAN PALSU PADA MASYARAKAT   PEMERINTAH JAMIN KEAMANAN BERLAPIS SERTIFIKAT TANAH ELEKTRONIK DENGAN DIAWASI OLEH BADAN SIBER DAN SANDI NEGARA   BATAS AKHIR PENYAMPAIAN SPT TAHUNAN PADA RABU, 31 MARET 2021   MENKEU: PELAPORAN SPT TAHUNAN DI HARI-HARI TERAKHIR TENGGAT WAKTU PELAPORAN HARUS DIHINDARI   MENKEU SRI MULYANI SARANKAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI SEGERA LAPOR SPT TAHUNAN PEKAN INI