Kompas TV nasional peristiwa

Para Tokoh Agama dan Lansia Dipersilakan Vaksinasi di Masjid Istiqlal, Syaratnya Cukup KTP

Kompas.tv - 24 Februari 2021, 08:57 WIB
para-tokoh-agama-dan-lansia-dipersilakan-vaksinasi-di-masjid-istiqlal-syaratnya-cukup-ktp
Para tokoh agama divaksinasi di basemen Masjid Istiqlal, yang akan berlangsung Selasa (23/2/2021) sampai Sabtu (27/2/2021) (sumber: kemenag.go.id)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Para tokoh agama dan lansia yang sudah berusia di atas 60 tahun dipersilakan datang ke Basement Masjid Istiqlal Jakarta untuk dilakukan vaksinasi. "Silakan datang dengan membawa KTP, sampai hari Sabtu (27/2/201)," kata Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rondonuwu ketika diwawancara di program "Kompas Pagi" di Kompas Tv, Rabu (24/2/2021). 

Menurut Maxi, tidak usah khawatir dengan dampak vaksinasi. Sebab, sudah disediakan juga dokter yang akan terus mengawasi selama proses vaksinasi. "Tidak usah ragu aman, ada dokter yang mengawasi," ujarnya.

Baca Juga: Hotman Paris Jalani Vaksinasi Covid-19 Kategori Lansia di RSUD Koja Jakarta


Vaksinasi bagi para tokoh agama ini sudah dimulai sejak Selasa (23/2/2021). Kegiatan bertajuk "Pekan Vaksinasi Tokoh Lintas Agama" ini menandai dimulainya vaksinasi bagi para pemuka agama, yang akan dilaksanakan hingga Sabtu (27/2/2021) mendatang. 

Kegiatan yang terselenggara atas kerja sama Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan ini menargetkan vaksinasi 10 ribu tokoh agama. Berdasarkan data panitia, saat ini sudah ribuan data tokoh agama yang telah tervalidasi untuk diberikan vaksinasi, baik tokoh agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, maupun Khonghucu.

 

Antrean tokoh agama menunggu vaksinasi di Basement Masjid Istiqlal Jakarta Selasa (23/2/2021) (Sumber: kemenag.go.id)


Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi peran aktif para tokoh agama dalam program vaksinasi yang digelar pemerintah. Menurutnya, vaksinasi ini bagian dari wujud sinergitas antarlembaga negara, Kemenag dan Kemenkes, bersama para  tokoh agama dalam ikut mengatasi pandemi Covid-19.

"Ini adalah bentuk sinergi dalam menangani wabah Covid-19 yang sudah hampir setahun terjadi di Indonesia. Peran aktif para tokoh agama patut diapresiasi. Semoga ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam terus mendukung program vaksinasi ini secara bersama," tutur Yaqut, Selasa (23/2/2021).

Baca Juga: Menag Minta Pengasuh Pesantren dan Tokoh Agama Diprioritaskan Vaksinasi Covid-19

Para tokoh lintas agama yang divaksinasi nantinya akan menjadi teladan bagi umat dalam ikut menyukseskan vaksinasi. Menag berharap para tokoh juga dapat memberikan sosialisasi tentang pentingnya dilakukan vaksinasi. 

Karena, para tokoh agama mempunyai peranan penting di tengah masyarakat dalam melakukan pendekatan persuasif sehingga program vaksinasi ini dapat berjalan lancar. Dan, wabah ini segera berakhir.


“Ini adalah vaksinasi pertama. Meski sudah divaksin, saya berharap para tokoh agama tetap disiplin dalam protokol kesehatan dan mematuhi 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan interaksi, serta menghindari kerumunan,” lanjutnya.

Sementara, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan kagum dan apresiasi kepara para tokoh agama yang rela datang dan divaksin. “Saya kagum melihat bagaimana semua pemuka agama datang ke Masjid Istiqlal untuk melaksanakan program vaksinasi. Saya merasakan betapa masjid Islam terbesar di Jakarta membuka diri untuk semua tokoh agama besar lainnya untuk hadir bersama-sama melaksanakan program vaksinasi,” katanya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.