Kompas TV nasional update

Simak 2 Cara Daftar Online Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia!

Rabu, 24 Februari 2021 | 07:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kelompok lanjut usia atau warga berusia 60 tahun ke atas menjadi salah satu kelompok prioritas pada program vaksinasi tahap kedua yang juga menargetkan pekerja publik.

Vaksinasi untuk target kelompok ini dimulai di Jakarta dan ibu kota provinsi untuk se-Indonesia.

Namun dalam fase awal diprioritaskan untuk Jawa dan Bali. Pasalnya terdapat lebih dari 65 persen kasus Covid-19 nasional tercatat di Jawa-Bali.

Lalu bagaimana cara pendaftarannya?

Ada dua mekanisme pendaftaran.

Pertama melalui fasilitas kesehatan masyarakat baik di puskesmas maupun rumah sakit pemerintah.

Peserta dapat mendaftar melalui link atau tautan di situs internet Kementerian Kesehatan (kemkes.go.id), dan KPC-PEN, covid-19.go.id, dan wajib mengisi sejumlah pertanyaan.

Bagi warga lansia yang kesulitan mendaftar dapat meminta bantuan keluarga atau pengurus RT-RW.

Setelah mengisi data, maka seluruh data peserta akan masuk ke Dinas Kesehatan provinsi masing-masing.

Selanjutnya dinas kesehatan akan menentukan jadwal termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi, kepada masyarakat lanjut usia.

Mekanisme kedua, melalui program vaksinasi massal oleh organisasi dan instansi.

Organisasi atau instansi dapat bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan untuk melakukan vaksinasi massal.

Organisasi dan instansi yang sudah menjalin kerja sama akan menentukan jadwal, termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi, kepada masyarakat lanjut usia.

Bila Anda masih bingung, tak ada salahnya membaca di situs internet Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) di covid-19.go.id.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:01
PEMERINTAH PERPANJANG PEMBERLAKUAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT BERBASIS MIKRO HINGGA 3 MEI 2021   PEMKOT BANDUNG MENYATAKAN 50 PERSEN TENAGA PENDIDIK TELAH DIVAKSINASI COVID-19   BADAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI KEMBANGKAN BERBAGAI TEKNOLOGI MITIGASI PERUBAHAN IKLIM   POLRI SEGERA TERBITKAN DAFTAR PENCARIAN ORANG ATAS JOZEPH PAUL ZHANG YANG MENGAKU SEBAGAI NABI KE-26   DINAS KESEHATAN KALIMANTAN BARAT: VAKSINASI WARGA LANSIA TAHAP DUA BARU MENCAPAI 1,25 PERSEN    PEMKOT JAKARTA SELATAN GANDENG TNI DAN POLRI GENCARKAN OPERASI TERTIB MASKER   PEMKAB BANYUMAS BENTUK POS KOMANDO PELAKSANAAN TUNJANGAN HARI RAYA KEAGAMAAN 2021   MENAKER LUNCURKAN POSKO THR UNTUK MEMANTAU DAN MENGATASI MASALAH PEMBERIAN THR   KEMENDESA PDTT TERUS GIATKAN SOSIALISASI LARANGAN MUDIK LEBARAN DEMI KESEHATAN BERSAMA   PEMPROV DKI JAKARTA BUKA VAKSINASI UNTUK PELAKU EKONOMI KREATIF, DARI PEMUSIK HINGGA PENGUSAHA KULINER   MENAG DORONG APARAT PENEGAK HUKUM TINDAK PELAKU UJARAN KEBENCIAN YANG MENGARAH KE PENISTAAN AGAMA   WALI KOTA DEPOK MOHAMMAD IDRIS: PEMKOT DUKUNG PENGUSUTAN DUGAAN KORUPSI DAMKAR DEPOK   SATPOL PP DIRIKAN 8 POSKO DI PASAR TANAH ABANG UNTUK PANTAU PELANGGARAN PROTOKOL KESEHATAN   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN MINTA PEMERINTAH CARI SOLUSI CEGAH PERKAWINAN ANAK