Kompas TV nasional update

Simak 2 Cara Daftar Online Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia!

Rabu, 24 Februari 2021 | 07:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kelompok lanjut usia atau warga berusia 60 tahun ke atas menjadi salah satu kelompok prioritas pada program vaksinasi tahap kedua yang juga menargetkan pekerja publik.

Vaksinasi untuk target kelompok ini dimulai di Jakarta dan ibu kota provinsi untuk se-Indonesia.

Namun dalam fase awal diprioritaskan untuk Jawa dan Bali. Pasalnya terdapat lebih dari 65 persen kasus Covid-19 nasional tercatat di Jawa-Bali.

Lalu bagaimana cara pendaftarannya?

Ada dua mekanisme pendaftaran.

Pertama melalui fasilitas kesehatan masyarakat baik di puskesmas maupun rumah sakit pemerintah.

Peserta dapat mendaftar melalui link atau tautan di situs internet Kementerian Kesehatan (kemkes.go.id), dan KPC-PEN, covid-19.go.id, dan wajib mengisi sejumlah pertanyaan.

Bagi warga lansia yang kesulitan mendaftar dapat meminta bantuan keluarga atau pengurus RT-RW.

Setelah mengisi data, maka seluruh data peserta akan masuk ke Dinas Kesehatan provinsi masing-masing.

Selanjutnya dinas kesehatan akan menentukan jadwal termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi, kepada masyarakat lanjut usia.

Mekanisme kedua, melalui program vaksinasi massal oleh organisasi dan instansi.

Organisasi atau instansi dapat bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan untuk melakukan vaksinasi massal.

Organisasi dan instansi yang sudah menjalin kerja sama akan menentukan jadwal, termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi, kepada masyarakat lanjut usia.

Bila Anda masih bingung, tak ada salahnya membaca di situs internet Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) di covid-19.go.id.

Penulis : Reny Mardika




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:44
WAKIL KETUA KOMISI VIII DPR MARWAN DASOPANG: HARI PEREMPUAN INTERNASIONAL MOMENTUM UNTUK DORONG PENGESAHAN RUU PKS   BUPATI BOGOR ADE YASIN BERI INSENTIF RP 200.000 PER BULAN BAGI GURU NGAJI   DISDIK DEPOK AKAN BATASI MURID DAN MATA PELAJARAN JIKA DIIZINKAN SEKOLAH TATAP MUKA DIGELAR   DITETAPKAN SEBAGAI TERSANGKA KORUPSI, DIRUT PERUMDA PEMBANGUNAN SARANA JAYA, YOORY C PINONTOAN, DINONAKTIFKAN   KPK BENARKAN USUT KASUS DUGAAN KORUPSI PENGADAAN TANAH DI KECAMATAN CIPAYUNG, JAKARTA TIMUR   RSD WISMA ATLET KEMAYORAN PER 8 MARET 2021 RAWAT 3.748 PASIEN COVID-19   DIRJEN DIKTI KEMENDIKBUD SEBUT MAHASISWA SEGERA DIVAKSINASI COVID-19   KEMENDAGRI CATAT ADA 2.034.715 PENDUDUK YANG PINDAH DOMISILI SELAMA EMPAT BULAN TERAKHIR   PEMERIKSAAN COVID-19 TURUN, KETUA SATGAS DONI MONARDO MINTA PEMDA EVALUASI PELAKSANAAN 3T   SATGAS MINTA MASYARAKAT TAK BEPERGIAN KE LUAR KOTA SAAT LIBURAN ISRA MIRAJ PADA KAMIS, 11 MARET 2021   PRESIDEN MINTA BADAN PENGKAJIAN DAN PENERAPAN TEKNOLOGI SIAPKAN STRATEGI AKUISISI TEKNOLOGI DARI LUAR NEGERI   PRESIDEN JOKOWI INGIN INDONESIA TINGKATKAN KAPASITAS SEBAGAI PRODUSEN TEKNOLOGI   KONGRES WANITA INDONESIA (KOWANI): PEREMPUAN INDONESIA HARUS MERDEKA DALAM MELAKSANAKAN TUGASNYA   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN HARAP PEREMPUAN RI MAMPU KAMPANYEKAN PERANG MELAWAN KEKERASAN BERBASIS GENDER