Kompas TV nasional update

Bantu Korban Banjir, Mensos Lelang Emas Hingga Mobil Rolls-Royce

Rabu, 24 Februari 2021 | 06:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Sosial, Tri Rismaharini bakal melelang barang-barang mewah untuk membantu para korban bencana. 

Barang-barang yang akan dilelang diantaranya adalah 27 sepeda motor, tas, dan jam tangan mewah, emas, serta alat-alat elektronik.

Barang-barang ini merupakan barang undian yang tidak diambil ataupun tidak ada pemenang undiannya.

Akhirnya, semuanya diserahkan ke Kementerian Sosial.

"Jadi sesuai dengan undang-undang, bahwa ada undang-undang yang mengatur tentang undian, nah undian yang tidak tertebak dan undian yang tidak diambil itu diserahkan ke Kementerian Sosial," kata Risma di lokasi.

Menurut rencana, barang akan dilelang oleh balai lelang awal Maret mendatang setelah mendapat persetujuan presiden.

Mobil Rolls-Royce ini adalah barang lelang yang nilainya ditaksir paling mahal.

Mobil ini merupakan hasil undian tahun 2016.

Kala itu harga perolehannya mencapai Rp 8,3 miliar.

"(Dari undian) ada banyak perusahaan, yang ini (Rolls-Royce) satu perusahaan. Tapi ada banyak perusahaan yang melakukan ini (undian). (Rolls-Royce) undian dari Batik Air 2016, ini sudah 5 tahun," lanjutnya.

Tidak hanya Rolls-Royce, ada 8 mobil lainnya yang akan dilelang.

Kementerian Sosial berencana menggunakan uang hasil lelang untuk membangun perumahan bagi korban bencana.

"Jadi kan ada dana, kalau undian kan dipotong 10 persen, itu juga masuk ke Kemensos. Itu yang kita gunakan untuk kegiatan-kegiatan sosial. Itu karena kemarin saya jalan di tempat bencana, saya sampaikan ke Bapak Presiden saat itu, 'Bapak gimana kalau itu (dilelang) untuk membantu masyarakat yang terkena bencana termasuk yang rumah-rumahnya hancur karena bencana'," ujarnya.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:25
SEBANYAK 250 WNI DI CALIFORNIA SELATAN, AS, DAPAT SUNTIKAN VAKSINASI COVID-19    PRESIDEN JOKOWI BEBASKAN PENGENAAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) UNTUK AIR BERSIH    BPOM: BELUM ADA IZIN UJI KLINIK FASE II VAKSIN NUSANTARA    MENKO POLHUKAM DORONG KPK BERGABUNG DALAM SISTEM DATABASE PENANGANAN PERKARA TERPADU BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI    LARANGAN MUDIK LEBARAN, DITLANTAS POLDA METRO JAYA SEKAT 16 JALUR TIKUS UNTUK KELUAR JABODETABEK    DITLANTAS POLDA METRO JAYA AKAN DIRIKAN POS PANTAU DI JALUR TIKUS UNTUK ANTISIPASI WARGA YANG NEKAT MUDIK    WALHI SUMSEL DUKUNG PEMANFAATAN LAHAN GAMBUT UNTUK MENUNJANG PEREKONOMIAN MASYARAKAT    KPK MENDAKWA EKS WALI KOTA CIMAHI AJAY PRIATNA TERIMA SUAP RP 1,6 MILIAR UNTUK MULUSKAN IZIN PROYEK RS    MENKEU SRI MULYANI SEBUT PEMULIHAN EKONOMI GLOBAL DARI DAMPAK PANDEMI COVID-19 HARUS BERSIFAT BERKELANJUTAN    GEMPA MALANG, BMKG: BURUKNYA STRUKTUR BANGUNAN IKUT JADI PENYEBAB RIBUAN RUMAH RUSAK DI MALANG    KASUS SUAP PENGATURAN PROYEK DI KABUPATEN INDRAMAYU, KPK PANGGIL 3 ANGGOTA DPRD JAWA BARAT    WAPRES MA'RUF AMIN IMBAU MASYARAKAT BERKONTRIBUSI AKTIF DALAM MENGEMBANGKAN EKONOMI & KEUANGAN SYARIAH    POLRI MULAI PERIKSA BARANG BUKTI DARI TKP KEBAKARAN KILANG MINYAK BALONGAN, INDRAMAYU, JAWA BARAT    MENTERI PPPA MINTA PEMDA KAWAL DAN PASTIKAN PENGGUNAAN DAK PEREMPUAN DAN ANAK DAPAT DIPERTANGGUNGJAWABKAN