Kompas TV regional berita daerah

Dinas Pariwisata Buleleng Korupsi Dana PEN, Pegawai Ramai-ramai Kembalikan Uang

Rabu, 24 Februari 2021 | 06:36 WIB

BULELENG, KOMPAS.TV - Kejaksaan Negeri Buleleng, Bali, mengungkap kasus penyalahgunaan dana hibah Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk pariwisita. Dana ini diterima Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng tahun 2020 lalu.

Setelah kasus dugaan korupsi ini mencuat, semua pegawai Dinas Pariwisata mengembalikan uang kesejahteraan yang diterima. 

Diduga hasil korupsi paling banyak diterima kepala dinas yakni mencapai Rp 100 juta.

Kerugian negara ditaksir mencapai Rp 656 juta.

Pekan lalu, Kejaksaan Negeri Buleleng menahan tujuh pejabat Dinas Pariwisata Buleleng yang diduga terlibat korupsi dana hibah PEN untuk pariwisata.

Modus yang digunakan para tersangka dalam penyalahgunaan dana PEN pariwisata ini dengan melakukan mark up harga.

Sementara di Bandung, Jawa Barat, Kejaksaan Negeri Bandung mengembalikan uang kerugian negara hasil korupsi di dua BUMN.

Total uang yang diserahkan ke dua BUMN hampir mencapai 10 miliar rupiah.

Uang tunai diserahakan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Bandung kepada perwakilan PT POS Indonesia Persero dan PT Pegadaian.

Ini adalah bentuk akhir penanganan suatu kasus tindak pidana korupsi dengan dikembalikannya uang hasil korupsi kepada negara.

Untuk perkara korupsi PT POS sendiri berlangsung tahun 2013.

Ada empat terdakwa dalam kasus pengadaan barang PT POS Indonesia.

Penulis : Reny Mardika





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:35
VLADIMIR DARIDA MENGUNDURKAN DIRI DARI TIMNAS CEKO SEHARI SETELAH TERSISIH DARI PIALA EROPA   OTORITAS VATIKAN MENYATAKAN KONDISI PAUS FRANSISKUS MEMBAIK SETELAH MENJALANI OPERASI USUS BESAR   MESIR AKAN MELEPAS KAPAL KARGO EVER GIVEN YANG MEMBLOKADE TERUSAN SUEZ PADA MARET LALU   PESAWAT MILITER FILIPINA JATUH DI SALAH SATU KOTA DI KEPULAUAN SULU, 40 PRAJURIT SELAMAT DAN 17 LAINNYA TEWAS   PEMKAB MANGGARAI TIMUR, NTT, TERAPKAN PPKM MIKRO DI DESA MOSI NGARAN SETELAH 100 WARGA POSITIF COVID-19   PEMKOT SURABAYA BANGUN TENDA DARURAT UNTUK RSUD DR SOETOMO YANG TENGAH KEWALAHAN TANGANI PASIEN COVID-19   SRI SULTAN HB X: DIY MENDAPAT ALOKASI JATAH OKSIGEN MEDIS SEBANYAK 47,6 TON SEHARI   PASOKAN OKSIGEN DI 27 RS RUJUKAN COVID-19 DI DIY AKAN DITAMBAH   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN MINTA PASOKAN OKSIGEN SELURUHNYA DIKONVERSI UNTUK PENUHI KEBUTUHAN MEDIS   DINKES KOTA SEMARANG: 730 TENAGA KESEHATAN POSITIF TERINFEKSI COVID-19   IGD DI SEJUMLAH RUMAH SAKIT DI SEMARANG DIPENUHI PASIEN COVID-19   WISMA HAJI PONDOK GEDE DI JAKARTA TIMUR DISIAPKAN SEBAGAI RS LAPANGAN HADAPI LONJAKAN KASUS COVID-19   SATGAS COVID-19: PELAKU PERJALANAN INTERNASIONAL WAJIB ISOLASI 8 HARI DAN TES ULANG PCR SAAT TIBA DI RI   PEMERINTAH INTERGASIKAN DATA VAKSINASI COVID-19 DI APLIKASI PEDULI LINDUNGI UNTUK DATA PENERBANGAN