Kompas TV internasional kompas dunia

Inggris Umumkan Longgarkan Lockdown, Warga Inggris Serbu Pemesanan Tiket: Sudah Kangen Liburan!

Rabu, 24 Februari 2021 | 06:00 WIB
inggris-umumkan-longgarkan-lockdown-warga-inggris-serbu-pemesanan-tiket-sudah-kangen-liburan
Sejumlah orang tengah mengabadikan momen matahari terbit di dekat pondok pantai aneka warna di Blyth, Northumberland, Inggris, Selasa (23/2). (Sumber: Owen Humphreys / PA via AP)

LONDON, KOMPAS.TV – Para warga Inggris yang kegirangan setelah Perdana Menteri Boris Johnson mengumumkan rencananya untuk melonggarkan lockdown nasional, ramai-ramai menyerbu pemesanan tiket penerbangan ke luar negeri untuk berlibur. Pengumuman pernyataan Johnson ini menerbitkan optimisme bahwa pembatasan bepergian akan dicabut sebelum liburan musim panas.

TUI, salah satu operator wisata terbesar di Inggris menyatakan, pemesanan tiket meningkat hingga 6 kali lipat pada Senin (22/2) lalu, hari tersibuk bagi perusahaan itu dalam sebulan terakhir. Maskapai penerbangan murah easyJet menyebut adanya permintaan penerbangan lebih dari 3 kali lipat, dan perusahaan penyedia paket liburan Thomas Cook menyatakan, lalu lintas di situsnya meningkat sebanyak 75%. Perjalanan internasional nyaris terhenti secara global, jadi peningkatan tersebut merupakan tanda harapan bagi industri yang kini tengah tak berkutik di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Inggris Pertimbangkan Terbitkan Paspor Vaksin, Apa Itu?

“Kami secara konsisten telah melihat adanya permintaan terpendam atas perjalanan, dan lonjakan pemesanan tiket ini menunjukkan bahwa sinyal pemerintah hendak membuka kembali perjalanan adalah hal yang ditunggu-tunggu oleh para konsumen Inggris,” terang pejabat eksekutif easyJet Johan Lundgren dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Associated Press. “Pidato Perdana Menteri telah memberikan dorongan kepercayaan yang sangat dibutuhkan oleh para pelanggan kami di Inggris.”

Baca Juga: Penelitian Inggris Membawa Harapan Baru: Vaksin Mengurangi Pasien Rawat Inap Secara Drastis

Meski rencana tersebut, yang diumumkan Johnson pada Senin (22/2), disambut baik oleh para perusahaan perjalanan, banyak para pemimpin bisnis yang kecewa atas lambatnya pembukaan kembali. Ini lantaran sejumlah pembatasan masih akan tetap diberlakukan hingga 21 Juni mendatang. Yang lain mengkritik pemerintah karena gagal menjamin tingkat dukungan bagi bisnis yang terdampak pandemi Covid-19.

Kantor Statistik Nasional menyatakan pada Selasa (23/2) bahwa tingkat pengangguran di Inggris meningkat hingga 5,1% pada Desember lalu, naik 0,1% dari bulan sebelumnya dan 1,3% dari tahun lalu. Sejak pandemi dimulai pada Februari tahun lalu, jumlah mereka yang tercatat dalam daftar gaji perusahaan menurun sebanyak 726.000, dan 58,5% di antaranya merupakan karyawan berusia di bawah 25 tahun.  

Penulis : Vyara Lestari


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:56
AMERIKA SERIKAT DAN UNI EROPA TEGASKAN KRIMEA MILIK UKRAINA   SELAIN GUBERNUR SULSEL, KPK JUGA MENANGKAP 5 ORANG LAINNYA DALAM OPERASI TANGKAP TANGAN   GELAR OTT, KPK TANGKAP GUBERNUR SULAWESI SELATAN NURDIN ABDULLAH    BPBD GARUT: 109 RUMAH WARGA KAMPUNG CIPAGER, KECAMATAN CILAWU, TERDAMPAK LONGSOR   SEBANYAK 400 PRAJURIT BATALYON INFANTERI 742/SATYA WIRA YUDHA MELAKUKAN PENGAMANAN DI PERBATASAN RI-TIMOR LESTE   GUBERNUR SULTENG LONGKI DJANGGOLA MINTA WALI KOTA PALU DAN BUPATI SIGI YANG BARU TUNTASKAN TUGAS PASCABENCANA   AZERBAIJAN BERIKAN DONASI 50.000 DOLLAR AS UNTUK KORBAN GEMPA SULBAR LEWAT PMI   BMKG: WASPADA POTENSI BANJIR DI JAKARTA BAGIAN SELATAN   ARAB SAUDI TOLAK DOKUMEN INTELIJEN AS SOAL KETERLIBATAN PUTRA MAHKOTA DALAM PEMBUNUHAN JURNALIS JAMAL KHASHOGGI   AS JATUHKAN SANKSI KE PASUKAN HARIMAU ARAB SAUDI ATAS KETERLIBATAN DALAM PEMBUNUHAN JURNALIS JAMAL KHASHOGGI    SURIAH KUTUK KERAS SERANGAN UDARA AS DI WILAYAH DEIR AL-ZOR DEKAT PERBATASAN SURIAH-IRAK SEBAGAI TINDAKAN PENGECUT   FORMULA 1 ALAMI PENURUNAN PENDAPATAN RP 12,58 TRILIUN ATAU 43% DARI TAHUN SEBELUMNYA AKIBAT PANDEMI   BUPATI CIAMIS HERDIAT SUNARYA DAN WAKIL BUPATI CIAMIS YANA PUTRA POSITIF TERINFEKSI COVID-19   KEMENKES: INFORMASI WARTAWAN TERKAPAR SETELAH VAKSINASI COVID-19 ADALAH HOAKS