Kompas TV internasional kompas dunia

Inggris Pertimbangkan Terbitkan Paspor Vaksin, Apa Itu?

Rabu, 24 Februari 2021 | 00:45 WIB
inggris-pertimbangkan-terbitkan-paspor-vaksin-apa-itu
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson saat memimpin sesi Dewan Keamanan PBB terkait iklim dan keamanan di London, Inggris, Selasa (23/2). (Sumber: Stefan Rousseau / Pool Photo via AP)

LONDON, KOMPAS.TV – Inggris berencana menggunakan posisinya sebagai presiden kelompok G7 untuk mendesak pengakuan internasional atas sistem paspor vaksin. Paspor ini akan memperbolehkan para pelancong dunia untuk tetap melakukan perjalanan, meskipun Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menyatakan pada Selasa (23/2) bahwa ide tentang paspor vaksin ini akan menimbulkan sejumlah masalah etika.

Sebelumnya, pemerintah Inggris telah menyatakan tidak akan mempertimbangkan untuk menerbitkan paspor vaksin bagi mereka yang telah divaksin. Namun, kini Inggris tengah meninjau kembali sertifikasi status Covid-19 yang akan memeriksa beragam cara orang-orang dapat membuktikan bahwa mereka tidak mengidap Covid-19. Pembuktian ini dapat berupa vaksinasi, atau dengan menunjukkan hasil tes negatif Covid-19.

Baca Juga: Bos Penerbangan Australia Usulkan Paspor Vaksinasi bagi Pelancong

Associated Press melaporkan, Inggris menyatakan akan mempertimbangkan untuk memperkenalkan sebuah sistem yang memperbolehkan individu yang telah divaksin untuk bepergian secara internasional dengan lebih leluasa. Inggris juga akan bekerja sama dengan negara-negara lain melalui Badan Kesehatan Dunia (WHO), kelompok G7 – yang tahun ini dikepalai Inggris – dan sejumlah lembaga lain dalam kerangka kerja internasional yang jelas dengan standar yang menyediakan konsistensi baik bagi para penumpang maupun industri.

“Memperkenalkan sistem seperti itu juga harus adil dan tidak merugikan mereka yang belum ditawari – atau memperoleh akses ke – vaksin,” demikian pernyataan pemerintah Inggris dalam sebuah dokumen yang mengurai rencana negara itu mencabut pembatasan pandemi. “Karena itu, pemerintah tidak mengharapkan solusi ini tersedia dengan cepat, dan pembatasan yang juga diberlakukan di seluruh dunia tampaknya akan tetap berlanjut dalam waktu dekat.”

Baca Juga: Terkuak!! Ini Alasan Bupati Terpilih Sabu Raijua Punya Paspor Amerika

Pemerintah Inggris juga tengah mempertimbangkan bahwa bukti semacam ini dapat digunakan oleh para pemberi kerja, pemilik tempat atau penyelenggara acara-acara besar. Salah satu opsi yang dipertimbangkan adalah menggunakan aplikasi pelacakan kontak milik Layanan Kesehatan Nasional, yang digunakan jutaan warga Inggris dalam ponsel mereka untuk menampilkan hasil tes Covid-19.

Penulis : Vyara Lestari


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:34
AMERIKA SERIKAT DAN UNI EROPA TEGASKAN KRIMEA MILIK UKRAINA   SELAIN GUBERNUR SULSEL, KPK JUGA MENANGKAP 5 ORANG LAINNYA DALAM OPERASI TANGKAP TANGAN   GELAR OTT, KPK TANGKAP GUBERNUR SULAWESI SELATAN NURDIN ABDULLAH    BPBD GARUT: 109 RUMAH WARGA KAMPUNG CIPAGER, KECAMATAN CILAWU, TERDAMPAK LONGSOR   SEBANYAK 400 PRAJURIT BATALYON INFANTERI 742/SATYA WIRA YUDHA MELAKUKAN PENGAMANAN DI PERBATASAN RI-TIMOR LESTE   GUBERNUR SULTENG LONGKI DJANGGOLA MINTA WALI KOTA PALU DAN BUPATI SIGI YANG BARU TUNTASKAN TUGAS PASCABENCANA   AZERBAIJAN BERIKAN DONASI 50.000 DOLLAR AS UNTUK KORBAN GEMPA SULBAR LEWAT PMI   BMKG: WASPADA POTENSI BANJIR DI JAKARTA BAGIAN SELATAN   ARAB SAUDI TOLAK DOKUMEN INTELIJEN AS SOAL KETERLIBATAN PUTRA MAHKOTA DALAM PEMBUNUHAN JURNALIS JAMAL KHASHOGGI   AS JATUHKAN SANKSI KE PASUKAN HARIMAU ARAB SAUDI ATAS KETERLIBATAN DALAM PEMBUNUHAN JURNALIS JAMAL KHASHOGGI    SURIAH KUTUK KERAS SERANGAN UDARA AS DI WILAYAH DEIR AL-ZOR DEKAT PERBATASAN SURIAH-IRAK SEBAGAI TINDAKAN PENGECUT   FORMULA 1 ALAMI PENURUNAN PENDAPATAN RP 12,58 TRILIUN ATAU 43% DARI TAHUN SEBELUMNYA AKIBAT PANDEMI   BUPATI CIAMIS HERDIAT SUNARYA DAN WAKIL BUPATI CIAMIS YANA PUTRA POSITIF TERINFEKSI COVID-19   KEMENKES: INFORMASI WARTAWAN TERKAPAR SETELAH VAKSINASI COVID-19 ADALAH HOAKS