Kompas TV nasional sosok

Pengakuan JK Tentang Megawati, Jokowi dan Pengalaman Bersama Empat Presiden

Rabu, 24 Februari 2021 | 05:10 WIB
pengakuan-jk-tentang-megawati-jokowi-dan-pengalaman-bersama-empat-presiden
Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan Istri, mengikuti upacara HUT RI secara virtual dari kediaman. (Sumber: Dok Jusuf Kalla)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkapkan kisahnya saat ditawari menjadi calon wakil presiden mendampingi Joko Widodo. Menurut JK, sapaanya, dia tidak pernah menawarkan diri, tapi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputeri yang bersikukuh memintanya.  

"Yang keras itu Bu Mega, dia minta ke saya. Dia tidak mau kalau bukan saya wakil (Jokowi, red)," ujar JK saat wawancara di program Beginu di kanal YouTube Kompas.com pada Senin (22/2/2021).

Alasan Mega ngotot mengajak lelaki asal Makassar ini, karena JK orang yang berpengalaman di pemerintahan.

"Jadi, Bu Mega itu selalu hormat karena dua kali saya diangkat jadi Menko (menteri), jadi wakil presiden. Tapi saya tidak pernah meminta. Saya cuma dikasih tahu," tambahnya.

Baca Juga: JK Anggap Pernyataan Dokter Tirta soal Sistem Kesehatan Indonesia Runtuh Kurang Tepat

JK menambahkan, Megawati berargumentasi, bahwa Jokowi perlu didampingi sosok yang punya segudang pengalaman di pemerintahan.

Karena itu pula, JK menjadi sosok yang ideal untuk berpasangan dengan Jokowi saat itu.

Penulis : Iman Firdaus


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:54
AMERIKA SERIKAT DAN UNI EROPA TEGASKAN KRIMEA MILIK UKRAINA   SELAIN GUBERNUR SULSEL, KPK JUGA MENANGKAP 5 ORANG LAINNYA DALAM OPERASI TANGKAP TANGAN   GELAR OTT, KPK TANGKAP GUBERNUR SULAWESI SELATAN NURDIN ABDULLAH    BPBD GARUT: 109 RUMAH WARGA KAMPUNG CIPAGER, KECAMATAN CILAWU, TERDAMPAK LONGSOR   SEBANYAK 400 PRAJURIT BATALYON INFANTERI 742/SATYA WIRA YUDHA MELAKUKAN PENGAMANAN DI PERBATASAN RI-TIMOR LESTE   GUBERNUR SULTENG LONGKI DJANGGOLA MINTA WALI KOTA PALU DAN BUPATI SIGI YANG BARU TUNTASKAN TUGAS PASCABENCANA   AZERBAIJAN BERIKAN DONASI 50.000 DOLLAR AS UNTUK KORBAN GEMPA SULBAR LEWAT PMI   BMKG: WASPADA POTENSI BANJIR DI JAKARTA BAGIAN SELATAN   ARAB SAUDI TOLAK DOKUMEN INTELIJEN AS SOAL KETERLIBATAN PUTRA MAHKOTA DALAM PEMBUNUHAN JURNALIS JAMAL KHASHOGGI   AS JATUHKAN SANKSI KE PASUKAN HARIMAU ARAB SAUDI ATAS KETERLIBATAN DALAM PEMBUNUHAN JURNALIS JAMAL KHASHOGGI    SURIAH KUTUK KERAS SERANGAN UDARA AS DI WILAYAH DEIR AL-ZOR DEKAT PERBATASAN SURIAH-IRAK SEBAGAI TINDAKAN PENGECUT   FORMULA 1 ALAMI PENURUNAN PENDAPATAN RP 12,58 TRILIUN ATAU 43% DARI TAHUN SEBELUMNYA AKIBAT PANDEMI   BUPATI CIAMIS HERDIAT SUNARYA DAN WAKIL BUPATI CIAMIS YANA PUTRA POSITIF TERINFEKSI COVID-19   KEMENKES: INFORMASI WARTAWAN TERKAPAR SETELAH VAKSINASI COVID-19 ADALAH HOAKS