Kompas TV bisnis kompas bisnis

Sejumlah Pool Terendam Banjir, Pengiriman Barang Kini Terganggu

Selasa, 23 Februari 2021 | 23:40 WIB

KOMPAS.TV - Selain bergulat dengan pandemi, sejumlah pelaku bisnis harus mengalami kerugian akibat banjir. 

Salah satu yang paling merasakan imbas banjir adalah industri logistik.

Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia menanggung imbas banjir di Jakarta akhir pekan lalu.

Akses menuju bongkar muat terkendala banjir. Beberapa pool truk hingga barang muatan pun terendam banjir.

Butuh waktu hingga satu pekan untuk memulihkan kondisi truk yang rusak.

Sementara itu, kiriman barang-barang pesanan belanja online bisa jadi sampai ke tangan pelanggan lebih lama.

Salah satu e-commerce mengubah ketentuan batas waktu terima pesanan dan konfirmasi pengiriman pesanan sejak 22 Februari kemarin.

Hal ini dilakukan untuk membantu para pengguna yang terdampak banjir.

Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Zaldy Ilham Masita menyebutkan banjir di Jakarta dan sekitarnya dinilai telah berdampak cukup parah pada pengiriman logistik.

“Terutama pengiriman e-commerce juga pengiriman ke toko-toko retail,” kata Zaldy.

Adapun, Zaldy juga belum bisa menginformasikan berapa estimasi kerugian yang dialami dari adanya banjir Jakarta tersebut.

“Di tahun ini kami masih belum tahu apakah kerugiannya lebih besar dari tahun sebelumnya karena kami masih menghitung besar kerugiannya,” ujarnya.

Namun sebagai informasi, kerugian sektor logistik akibat banjir Jakarta dan sekitarnya pada tahun lalu di perkirakan mencapai Rp 45 miliar per harinya.

Menurutnya, dampak banjir Jakarta dan sekitarnya tahun lalu terhadap sektor logistik sangat besar, apalagi jika aktivitas di Pelabuhan Tanjung Priok terganggu akibat terendam banjir. Akibatnya operasional pengiriman dalam kota dan sekitar Jakarta (Jabodetabek) bisa lumpuh.

Simak dialog selengkapnya bersama Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia, Zaldy Ilham Masita,

Penulis : Anjani Nur Permatasari


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:51
AMERIKA SERIKAT DAN UNI EROPA TEGASKAN KRIMEA MILIK UKRAINA   SELAIN GUBERNUR SULSEL, KPK JUGA MENANGKAP 5 ORANG LAINNYA DALAM OPERASI TANGKAP TANGAN   GELAR OTT, KPK TANGKAP GUBERNUR SULAWESI SELATAN NURDIN ABDULLAH    BPBD GARUT: 109 RUMAH WARGA KAMPUNG CIPAGER, KECAMATAN CILAWU, TERDAMPAK LONGSOR   SEBANYAK 400 PRAJURIT BATALYON INFANTERI 742/SATYA WIRA YUDHA MELAKUKAN PENGAMANAN DI PERBATASAN RI-TIMOR LESTE   GUBERNUR SULTENG LONGKI DJANGGOLA MINTA WALI KOTA PALU DAN BUPATI SIGI YANG BARU TUNTASKAN TUGAS PASCABENCANA   AZERBAIJAN BERIKAN DONASI 50.000 DOLLAR AS UNTUK KORBAN GEMPA SULBAR LEWAT PMI   BMKG: WASPADA POTENSI BANJIR DI JAKARTA BAGIAN SELATAN   ARAB SAUDI TOLAK DOKUMEN INTELIJEN AS SOAL KETERLIBATAN PUTRA MAHKOTA DALAM PEMBUNUHAN JURNALIS JAMAL KHASHOGGI   AS JATUHKAN SANKSI KE PASUKAN HARIMAU ARAB SAUDI ATAS KETERLIBATAN DALAM PEMBUNUHAN JURNALIS JAMAL KHASHOGGI    SURIAH KUTUK KERAS SERANGAN UDARA AS DI WILAYAH DEIR AL-ZOR DEKAT PERBATASAN SURIAH-IRAK SEBAGAI TINDAKAN PENGECUT   FORMULA 1 ALAMI PENURUNAN PENDAPATAN RP 12,58 TRILIUN ATAU 43% DARI TAHUN SEBELUMNYA AKIBAT PANDEMI   BUPATI CIAMIS HERDIAT SUNARYA DAN WAKIL BUPATI CIAMIS YANA PUTRA POSITIF TERINFEKSI COVID-19   KEMENKES: INFORMASI WARTAWAN TERKAPAR SETELAH VAKSINASI COVID-19 ADALAH HOAKS