Kompas TV regional berita daerah

Stok Darah di PMI Menipis saat Permintaan Tinggi, Warga Donor Darah Massal

Kompas.tv - 23 Februari 2021, 14:02 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Persediaan darah di Palang Merah Indonesia Cabang Probolinggo Jawa Timur menipis di tengah tingginya permintaan darah selama pandemi covid-19. Donor darah massal pun digelar dengan target 1000 kantong darah setiap kali kegiatan.

Baca Juga: Donor Darah Saat Pandemi, Dijamin Aman Oleh PMI

Palang Merah Indonesia Cabang Probolinggo Jawa Timur beserta organisasi kepemudaan Islam menggelar donor darah massal di Jalan Rengganis Kota Kraksaan. Kegiatan ini dilakukan menyusul menipisnya stok darah di PMI, bahkan darah jenis A-B dan O mengalami kekosongan di bulan Februari.

Sebelum diambil darahnya, calon pendonor di-screening guna memastikan mereka memenuhi syarat dan tidak memiliki riwayat penyakit. Ada salah satu pendonor yang tidak bisa donor darah, karena hemoglobin atau HBnya rendah.

Petugas PMI Cabang Probolinggo, Mudiono mengatakan bahwa dalam satu bulan terakhir, kebutuhan darah Pmi Cabang Probolinggo mencapai 600 kantong atau meningkat 2 kali lipat dibandingkan sebelum pandemi. Menipisnya stok darah karena jumlah pendonor darah menurun.

Baca Juga: Ingin Membantu Pasien Covid-19 dengan Donor Darah? Ini Penjelasannya

Targetnya seribu kantong darah terkumpul setiap kali ada kegiatan donor darah massal.

#PalangMerahIndonesia #StokDarah #KantongDarah #PandemiCovid-19



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.