Kompas TV video cerita indonesia

Jokowi Tinjau Food Estate di Sumba Tengah NTT

Kompas.tv - 23 Februari 2021, 12:22 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

SUMBA TENGAH, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo mengunjungi lahan lumbung pangan atau food estate di Sumba Tengah, NTT pada Selasa (23/2/2021). 

Lumbung Pangan ini terletak di Desa Makata Keri, Kecamatan Katiku, Tana, Sumba Tengah.

"Hari ini saya kunjungan kerja melihat lumbung pangan atau food estate Sumba Tengah, NTT kabupaten sumba tengah baru 5000 hektare dimana 3000 ditanam padi, 2000 ditanam jagung," kata Jokowi dalam konferensi pers secara virtual pada Selasa (23/2/2021).

Menurut Jokowi kedepannya lahan lumbung pangan ini akan diperluas menjadi 10.000 hektare.

Presiden Jokowi juga mengungkap masalah yang ada di seluruh wilayah NTT adalah masalah air untuk membasahi lumbung pangan.

Maka dari itu, menurutnya sudah dibangun pada tahun 2015 dan 2018 sumbur bor yang bisa masuk atau mengairi sawah. Ada pula embung besar yang sudah dibangun.

Namun, menurut Bupati dan Gubernur setempat sumur bor dan embung ini dirasa masih kurang untuk bisa mengairi sawah. Mereka meminta untuk dibuatkan lagi bendungan ataupun waduk.

Presiden Jokowi pun meminta kepada MenPUPR dan Menteri Pertanian untuk membantu menyiapkan sarana dan fasilitas untuk meningkatkan lumbung pangan di Sumba Tengah.

Presiden Jokowi meyakini akan dapat membangun ketahanan pangan yang baik di beberapa daerah dan bisa diikuti oleh daerah lainnya.

"Saya yakini food estate Kalimantan Tengah, Sumut dan NTT ini akan bisa membangun sebuah ketahanan pangan yang baik," ujar Presiden Jokowi.

Video Editor: Vila Randita



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x