Kompas TV klik360 cerita indonesia

Jokowi Tinjau Food Estate di Sumba Tengah NTT

Selasa, 23 Februari 2021 | 12:22 WIB

SUMBA TENGAH, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo mengunjungi lahan lumbung pangan atau food estate di Sumba Tengah, NTT pada Selasa (23/2/2021). 

Lumbung Pangan ini terletak di Desa Makata Keri, Kecamatan Katiku, Tana, Sumba Tengah.

"Hari ini saya kunjungan kerja melihat lumbung pangan atau food estate Sumba Tengah, NTT kabupaten sumba tengah baru 5000 hektare dimana 3000 ditanam padi, 2000 ditanam jagung," kata Jokowi dalam konferensi pers secara virtual pada Selasa (23/2/2021).

Menurut Jokowi kedepannya lahan lumbung pangan ini akan diperluas menjadi 10.000 hektare.

Presiden Jokowi juga mengungkap masalah yang ada di seluruh wilayah NTT adalah masalah air untuk membasahi lumbung pangan.

Maka dari itu, menurutnya sudah dibangun pada tahun 2015 dan 2018 sumbur bor yang bisa masuk atau mengairi sawah. Ada pula embung besar yang sudah dibangun.

Namun, menurut Bupati dan Gubernur setempat sumur bor dan embung ini dirasa masih kurang untuk bisa mengairi sawah. Mereka meminta untuk dibuatkan lagi bendungan ataupun waduk.

Presiden Jokowi pun meminta kepada MenPUPR dan Menteri Pertanian untuk membantu menyiapkan sarana dan fasilitas untuk meningkatkan lumbung pangan di Sumba Tengah.

Presiden Jokowi meyakini akan dapat membangun ketahanan pangan yang baik di beberapa daerah dan bisa diikuti oleh daerah lainnya.

"Saya yakini food estate Kalimantan Tengah, Sumut dan NTT ini akan bisa membangun sebuah ketahanan pangan yang baik," ujar Presiden Jokowi.

Video Editor: Vila Randita

Penulis : Sadryna Evanalia




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:05
NOVAK DJOKOVIC PEGANG REKOR SEBAGAI PETENIS NOMOR 1 DUNIA TERLAMA SELAMA 311 PEKAN   PRESIDEN SURIAH BASHAR AL-ASSAD DAN ISTRINYA POSITIF TERINFEKSI COVID-19   VIETNAM MULAI PROGRAM VAKSINASI MASSAL COVID-19   PENEMPATAN PULUHAN RIBU TENTARA AS DI KOREA SELATAN GUNA BERTAHAN DARI AGRESI KOREA UTARA   KOREA SELATAN SEPAKAT BAYAR ONGKOS PENEMPATAN 28.500 ANGGOTA PASUKAN AS DI NEGARANYA SEBESAR RP 71,8 T PER TAHUN   PEMKAB SLEMAN, DIY, GELAR VAKSINASI COVID-19 SECARA MASSAL DI MAL AGAR PESERTA TIDAK TAKUT   KOMNAS KEJADIAN IKUTAN PASCA-IMUNISASI: INFORMASI SOAL 4 NAKES MENINGGAL AKIBAT DIVAKSIN COVID-19 ADALAH HOAKS   SEBANYAK 240 TOKOH AGAMA DI TANGERANG SELATAN TELAH DISUNTIK VAKSIN COVID-19 DOSIS PERTAMA   MULAI SELASA PAGI, ASN DI JAKARTA BARAT TERIMA VAKSIN COVID-19   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL INGIN PINJAM GEDUNG KAMPUS IPB SEBAGAI LOKASI VAKSINASI COVID-19 BAGI MASYARAKAT   GUBERNUR JABAR RIDWAN KAMIL TARGETKAN 6 JUTA DOSIS VAKSIN KORONA TERPAKAI HINGGA JUNI MENDATANG   PT BIO FARMA TUNGGU ARAHAN KEMENKES UNTUK PENYALURAN 1,1 JUTA VAKSIN ASTRAZENECA   MENLU RETNO MARSUDI: 1,1 JUTA VAKSIN ASTRAZENECA DIDAPATKAN DARI JALUR MULTILATERAL   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: 4 PASIEN YANG TERPAPAR VIRUS KORONA B117 SUDAH SEMBUH