Kompas TV nasional peristiwa

Rizieq Shihab Masuk Bursa Capres Kalahkan Erick Thohir dan Airlangga Hartarto

Selasa, 23 Februari 2021 | 11:28 WIB
rizieq-shihab-masuk-bursa-capres-kalahkan-erick-thohir-dan-airlangga-hartarto
Habib Rizieq Shihab di Pondok Pesantren Alam Agrokultural Markaz Syariah di Megamendung, Kabupaten Bogor. (Sumber: Dok FPI)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Lembaga Survei Indonesia (LSI) telah merilis survei dengan tajuk "Evaluasi Publik Terhadap Kondisi Nasional dan Peta Awal Pemilu 2024" Senin (22/2/2021). Salah satu yang disurvei adalah nama-nama calon presiden yang berada di benak masyarakat atau disukai.

Ketika survei menanyakan top of mind atau sejumlah nama yang berada dalam benak masyarakat, dengan pertanyaan, "bila pemilihan presiden didakan sekarang ini, siapa yang akan ibu/bapak pilih?" Ternyata nama mantan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) masuk dalam urutan ke 19 (0,2 persen), mengalahkan Menteri BUMN Erick Thohir yang berada di urutan ke-20 (0,2 persen)  dan Menko Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang berada di urutan ke-24 (0,1 persen). Bahkan, jauh mengalahkan Ketua DPR yang juga politikus PDIP Puan Maharani yang berada di urutan ke 31.

Baca Juga: Tanpa Jokowi, Masyarakat Pilih Prabowo sebagai Presiden di Survei LSI

Dan ketika survei menggunakan simulasi terbuka, di mana responden disodorkan sejumlah nama, Rizieq Shihab naik pada urutan ke-17 (0,7 persen). Sedangkan Erick Tohir  berada di urutan 18 (0,6 persen) dan Airlangga Hartarto berada di urutan ke-20 (0,3 persen). Dan Puan Maharani berada di urutan ke-22 (0,1 persen).  

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengatakan survei dilakukan akhir Januari lalu tersebut  dapat membantu kita memberikan gambaran terhadap sejumlah pertanyaan terkait  sentimen atau penilaian publik terhadap kondisi nasional saat ini dan juga bagaimanakah peta awal kompetisi politik menuju Pemilu 2024.

Baca Juga: Yang Beda dari Sidang Praperadilan Kedua Rizieq Shihab Kasus Kerumunan

Menurut Djayadi, peta awal ini belum menunjukan ada calon yang dominan. "Bila undang-undang pemilu tidak diubah,karena tidak ada petahana dalam pilpres 2024, maka ada kemungkinan calon presiden lebih dari dua pasang. Ini berarti seorang calon presiden baru bisa disebut memiliki peluang cukup dominan bila secara konsisten memiliki elektabilitas 40% atau lebih," kata Djayadi.

Penulis : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:29
KANTOR BUPATI BLITAR RUSAK AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 YANG GUNCANG WILAYAH JAWA TIMUR SIANG INI   DAMPAK GEMPA DIRASAKAN HAMPIR DI SELURUH WILAYAH JAWA TIMUR HINGGA MATARAM, NUSA TENGGARA BARAT   BMKG SEBUT PUSAT GEMPA BERADA DI LAUT PADA JARAK 96 KM ARAH SELATAN KOTA MALANG DENGAN KEDALAMAN 25 KILOMETER   KEPALA BMKG STASIUN GEOFISIKA MALANG SEBUT GEMPA YANG DIRASAKAN WARGA MALANG BERMAGNITUDO 6,1   BMKG SEBELUMNYA MENYATAKAN GEMPA DI WILAYAH MALANG TERCATAT MEMILIKI KEKUATAN MAGNITUDO 6,7   SULTAN HB X MINTA WARGA LANSIA BERSEDIA DIVAKSIN AGAR PUNYA IMUNITAS DAN SUKSESKAN PROGRAM PEMERINTAH   GUBERNUR YOGYAKARTA SULTAN HAMENGKU BUWONO X JALANI SUNTIK VAKSIN COVID-19 DOSIS KEDUA HARI INI   PELABUHAN MERAK TETAP AKAN BEROPERASI LAYANI PENYEBERANGAN BARANG SAAT ATURAN LARANGAN MUDIK DITERAPKAN   PELABUHAN MERAK TAK AKAN LAYANI PENYEBERANGAN UNTUK ORANG SAAT ATURAN LARANGAN MUDIK PADA 6-17 MEI DIBERLAKUKAN   POLDA METRO JAYA SEBUT AKAN ADA 20 PERSONEL TAMBAHAN YANG DIKERAHKAN UNTUK MENJAGA JALUR TIKUS KE LUAR JAKARTA   TERAPKAN LARANGAN MUDIK, POLDA METRO JAYA AKAN SIAPKAN 380 PERSONEL UNTUK MENJAGA 8 JALUR UTAMA   ANTISIPASI WARGA MUDIK, POLDA METRO JAYA BERLAKUKAN 8 TITIK PENYEKATAN JALUR UTAMA   BMKG SEBUT GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 DI MALANG TERASA HINGGA KOTA YOGYAKARTA DAN KABUPATEN BANTUL   BMKG: GEMPA BERMAGNITUDO 6,1 GUNCANG MALANG, JATIM, PADA SABTU SIANG PUKUL 14.00 WIB TAK BERPOTENSI TSUNAMI