Kompas TV entertainment musik

Profil Daft Punk, Duo Elektronik yang Kini Bubar Usai 28 Tahun, Peraih Grammy Awards

Kompas.tv - 23 Februari 2021, 09:10 WIB
profil-daft-punk-duo-elektronik-yang-kini-bubar-usai-28-tahun-peraih-grammy-awards
Duo elektronik asal Perancis, Daft Punk memutuskan untuk bubar setelah bermusik selama 28 tahun. (Sumber: Wikipedia)
Penulis : Fiqih Rahmawati

JAKARTA, KOMPAS.TV – Dunia musik mendapatkan kabar tak mengenakkan dari duo elektronik asal Prancis, Daft Punk, yang menyatakan bubar usai mengukir sejarah selama 28 tahun.

Daft Punk sendiri beranggotakan Thomas Bangalter dan Guy-Manuel de Hommen-Christo yang membentuk proyek musik elektronik di Paris pada 1993 silam.

Thomas Bangalter dan Guy-Manuel de Hommen-Christo sebelumnya tergabung dalam sebuah band bernama Darlin yang beraliran rock.

Namun, review tentang Darlin membuat keduanya memutuskan bubar setelah mendapat kritik sebagai band, Daft Punk Trashy. Keduanya pun memutuskan untuk mengambil nama Daft Punk untuk membentuk band yang baru.

Baca Juga: Daft Punk, Duo Elektronik Legendaris Asal Perancis Resmi Bubar

Meski terkenal dibentuk pada 1993, Daft Punk merilis sigle pertamanya pada 1995 dengan judul Da Funk.

Kemudian pada 1997, Daft Punk merilis album perdana mereka yang bertajuk Homework dengan lagu andalan Around The World dan Da Funk yang membuat namanya melejit.

Daft Punk kembali meluncurkan album Discovery pada 2001 dan sukses besar dengan dua lagu andalan, One More Time dan Harder, Better Faster Stronger.

Pada 2003, album tersebut dibuat dalam sebuah film animasi berjudul Intersetlla 5555, The 5tory of the 5ecret 5tar 5ystem oleh Kazuhisa Teknouchi.

Interstella 5555 bercerita tentang penculikan dan penyelamatan sebuah band pop antarbintang dengan tanpa dialog dan efek suara karena hanya berfungsi sebagai pendamping visual Discovery.

Baca Juga: Andika Dirikan Label Musik Babang Tamvan Records, Juan Zerlinda Jadi Artis Pertama

Setelah Discovery, Daft Punk kembali merilis album Human After All, live LP Alive 2007 yang menjadi soundtrack untuk film Tron.

Daft Punk juga masih aktif meluncurkan albumnya yang berjudul Random Access Memories tepat pada 20 tahun masa berkaryanya.

Duo elektronik ini bekerjasama dengan Nile Rodgers, Giorgio Moroder dan Pharrel Williams untuk projek album tersebut.

Baca Juga: SNSD Dikabarkan Comeback dengan Formasi Lengkap, Ini Jawaban SM Entertainment

Tak ayal, sejumlah lagu yang ada dalam album Random Acces Memories seperti Get Lucky, Lose Yourself to Dance dan Giorgio by Moroder membuat Daft Punk meraih sejumlah penghargaan.

Daft Punk mendapatkan penghargaan untuk album terbaik dari Grammy pada tahun 2014.

Daft Punk juga pernah menggandeng nama Kanye West dalam kerjasama untuk album Yeezus dan dengan The Weeknd di single Starboy pada 2016 dan I Fell It Coming.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x