Kompas TV nasional peristiwa

23 Februari 1923, Pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan Meninggal Dunia

Selasa, 23 Februari 2021 | 05:10 WIB
23-februari-1923-pendiri-muhammadiyah-kh-ahmad-dahlan-meninggal-dunia
Pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan berdiri paling belakang (sumber: suaramuhammadiyah)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Tanggal 23 Februari tahun ini adalah genap 98 tahun pendiri Muhammadiyah KH Ahmad Dahlan meningal dunia. Dia meninggal dalam usia 54 tahun pada 23 Februari 1923. Lelaki yang bernama lengkap Muhammad Darwis itu dilahirkan di Yogyakarta dan dimakamkan di kota yang sama.


Ahmad Dahlan adalah putra keempat dari tujuh bersaudara dari keluarga K.H. Abu Bakar, seorang ulama dan khatib terkemuka di Masjid Besar Kasultanan Yogyakarta pada masa itu. Ahmad Dahlan diangkat sebagai Pahlawan Nasional oleh pemerintah.


Ormas yang didirikannya pada tahun 1912, terus tumbuh dan berkembang pesat hingga sekarang. 

Baca Juga: Mantan Wasekjen MUI Nadjamudin Ramly Meninggal Dunia, PP Muhammadiyah Kirim Pesan Duka Cita

Menurut Ketua Umum PP Muhammadiyah saat ini, KH Haedar Nashir, di antara kekuatan Muhammadiyah hingga bertahan satu abad lebih ialah karena memiliki amal usaha. Berbagai amal usaha Muhammadiyah, seperti dalam bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan sosial menjadi wujud kerja nyata organisasi Islam itu bagi kepentingan kemajuan bangsa.


Haedar mengungkapkan bahwa 1001 mengucap kata baik dan segala hal-hal yang positif yang keluar dari lisan seseorang, belum tentu juga pada saat yang sama teraktualisasi dalam perbuatan. Haedar menegaskan bahwa eksistensi rahmatan lil’alamin bukan dari apa yang kita katakan tapi bersumber dari apa yang telah kita perbuat.

Baca Juga: Tanggapi UMM jadi Kampus Islam Terbaik di Dunia, Haedar Nashir: Muhammadiyah Memberi Energi Positif

Penulis : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:58
LEMBAGA KONSERVASI DUNIA (IUCN) MEMASUKKAN GAJAH HUTAN AFRIKA DAN GAJAH SABANA AFRIKA DALAM DAFTAR TERANCAM PUNAH    BKSDA SUMATERA BARAT BURU PENGANIAYA SIMPAI YANG VIRAL DI MEDIA SOSIAL    SETARA INSTITUTE BENARKAN TINDAKAN KEPOLISIAN MELUMPUHKAN PENYERANG MABES POLRI    POLRI TELUSURI ASAL-USUL "AIRGUN" MILIK ZA PELAKU PENYERANGAN MABES POLRI    POLRI MENYATAKAN PELAKU PENYERANGAN MABES POLRI, ZA, GUNAKAN "AIRGUN" BERKALIBER 4,5 MILIMETER    POLRESTA SIDOARJO, JAWA TIMUR, SIAGAKAN PENEMBAK JITU UNTUK ANTISIPASI SERANGAN TERORIS    AMANKAN PERAYAAN PASKAH, POLISI BERSENJATA LENGKAP JAGA 12 GEREJA BESAR DI KOTA TEGAL    SEBANYAK 11 GEREJA DI KOTA SEMARANG DIJAGA KETAT SELAMA 24 JAM UNTUK IBADAH PERAYAAN PASKAH    MASJID ISTIQLAL JAKARTA SEDIAKAN PARKIR UNTUK UMAT GEREJA KATEDRAL SELAMA TRIHARI SUCI PASKAH    LEMBAGA PENJAMIN SIMPANAN (LPS): TIDAK ADA BANK GAGAL PADA 2020    LEBIH DARI SATU TAHUN BERSTATUS BURONAN, KEBERADAAN SJAMSUL NURSALIM BELUM JUGA DIKETAHUI    PENGHENTIAN PENYIDIKAN SJAMSUL NURSALIM DALAM KASUS BLBI JADI SP3 PERDANA KPK    KPK HENTIKAN PENYIDIKAN (SP3) TERHADAP SJAMSUL NURSALIM DALAM KASUS KORUPSI BLBI    SEBANYAK 2.716 PERSONEL POLISI DITERJUNKAN UNTUK AMANKAN PERAYAAN PASKAH DI 21 KABUPATEN DAN SATU KOTA DI NTT