Kompas TV nasional wisata

Warung Kopi Merapi, Nikmatnya Ngopi di Lereng Gunung Merapi

Kompas.tv - 22 Februari 2021, 20:32 WIB
Penulis : Gempita Surya

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Kawasan Merapi menyimpan daya tarik wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah menikmati Kopi Merapi, kopi hasil perkebunan kopi di lereng Gunung Merapi.

Sajian Kopi Merapi bisa dinikmati langsung di Warung Kopi Merapi yang terletak di Dusun Petung, Kepuharjo, Sleman, Yogyakarta.

Varian kopi robusta dan arabika dengan citarasa khas lereng Gunung Merapi disajikan dengan harga terjangkau. Selain kopi, tempat ini juga menyediakan berbagai menu camilan sebagai pelengkap.

“Banyak yang bilang kopi Merapi ini rasanya lembut, soft. Jadi ada beberapa kedai yang menjuluki kopi Merapi itu kopinya cewek, tidak terlalu keras teksturnya. Perkiraan kami karena pengaruh abu vulkanik dari Merapi,” ujar Sumijo, pengelola Warung Kopi Merapi.

Kopi Merapi yang disajikan di Warung Kopi Merapi dipasok langsung dari Koperasi Kebun Makmur, koperasi para petani kopi se-kabupaten Sleman.

Seluruh proses pengolahan hingga pengemasan kopi dari para petani dilakukan di koperasi yang sudah terbentuk sejak tahun 2008. Sebelumnya di tahun 2004, koperasi ini masih berupa Kelompok Usaha Bersama dengan nama yang sama.

Selain citarasa kopi dan pemandangannya yang khas, bangunan Warung Kopi Merapi juga tak kalah unik.

Berada di kawasan terdampak erupsi Merapi 2010, Sumijo memanfaatkan puing-puing rumah bekas letusan Merapi untuk membangun kedainya. Ia juga memanfaatkan batu dan kayu dari sekitar sebagai meja dan kursi.

Untuk harganya, secangkir kopi di Warung Kopi Merapi dibanderol mulai dari 6 ribu rupiah saja.

Jika ingin membeli Kopi Merapi yang dikemas dalam kemasan pouch ukuran 250 gram untuk dibawa pulang, varian kopi robusta dihargai 40 ribu rupiah, dan kopi arabika dihargai 60 ribu rupiah.

Tertarik untuk mencoba ngopi di lereng Gunung Merapi?(*)

Video Editor: Agus Eko



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x