Kompas TV nasional peristiwa

Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo Dukung AS Tolak Klaim China Soal Laut China Selatan

Kompas.tv - 22 Februari 2021, 17:16 WIB
mantan-panglima-tni-gatot-nurmantyo-dukung-as-tolak-klaim-china-soal-laut-china-selatan
Mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo saat menghadiri Muktamar XVIII Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Univeritas Muhammadiyah Malang (UMM), Jumat (3/8/2018). (Sumber: KOMPAS.com/Andi Hartik)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Mantan Panglima TNI, Gatot Nurmantyo, mendukung sikap Amerika Serikat yang menyatakan menolak klaim Laut China Selatan oleh China.

Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) itu mendukung AS demi menjaga stabilitas dan keamanan di kawasan negara-negara ASEAN.

Baca Juga: Gatot Nurmantyo Bersaksi di Sidang Kepemilikan Senjata Api Kivlan Zein

"KAMI menyambut sikap Amerika Serikat (menolak klaim China) sebagai langkah penting untuk menjaga stabilitas dan keamanan kawasan ASEAN," kata Gatot melalui keterangan resminya pada Senin (22/2/2021).

Seperti diketahui, Gatot menyampaikan demikian menyusul pernyataan Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, yang menyatakan negeri paman sam itu menolak klaim China atas Laut China Selatan beberapa waktu lalu.

Blinke menilai bahwa negeri tirai bambu itu telah melakukan pelanggaran hukum internasional.

Baca Juga: Gatot Nurmantyo Berikan Kesaksian di Sidang Kivlan Zen Terkait Kepemilikaan Senjata Api Ilegal

Gatot pun menilai demikian, bahwa China diduga telah melanggar hukum internasional UNCLl OS 1982 karena mengklaim Laut China Selatan sebagai wilayahnya.

Dengan sikap Amerika Serikat menolak klaim China, kata Gatot, maka harus direspons sekaligus didukung, terutama oleh negara-negara anggota ASEAN, khusunya Indonesia.

Sebagai negara yang mempunyai peranan cukup besar di ASEAN, Gatot Nurmantyo mengatakan agar Indonesia bisa lebih aktif untuk menggalang dukungan dari seluruh negara ASEAN lainnya.

Baca Juga: Gatot Nurmantyo: Rakyat, Bangsa, dan Negara Berhutang ke Pak Kivlan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.