Kompas TV nasional peristiwa

Beredar Cuitan Aa Gym Soal Banjir Jakarta, Kominfo: Tidak Berkaitan, Itu Unggahan Tahun 2017

Kompas.tv - 22 Februari 2021, 13:43 WIB
beredar-cuitan-aa-gym-soal-banjir-jakarta-kominfo-tidak-berkaitan-itu-unggahan-tahun-2017
Tangkapan layar cuitan Aa Gym soal banjir Jakarta yang dikategorikan disinformasi (Sumber: kominfo)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Jagad maya diramaikan oleh cuitan dari pendakwah KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym yang mencuit soal banjir Jakarta.  
 
Unggahan itu menampilkan  tangkapan layar  berbunyi: "Innalillahi, jakarta banjir lagi, semoga nanti ada pemimpin jakarta yang rendah hati, tak ujub takabur merasa Sudah banyak berbuat."

Di bawah komentar itu, ditempelkan foto Gubernur DKI Jakarta  Anies Baswedan yang sedang yang berdiri di tengah beberapa piagam penghargaan.

Baca Juga: Positif Corona, Kondisi Terkini Aa Gym Masih Tak Bisa Mencium Bau

Kementerian Komunikasi dan informatika pun menelusuri cuitan tersebut, dan hasilnya menyebutkan bahwa berita tersebut masuk kategori disinformasi.  

"Beredar di media sosial, sebuah tangkapan layar yang menyandingkan status yang diunggah oleh Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym dengan sebuah foto yang berisi beberapa penghargaan yang diberikan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan," jelas pihak Kominfo, yang dilihat di laman kominfo. go.id, Minggu (21/2/2021)

Baca Juga: Deretan Pernyataan Anies Baswedan Soal Banjir di Jakarta

Namun, cuitan tersebut tidak berkaitan dengan banjir yang sekarang. 

"Faktanya, foto cuitan Aa Gym dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tersebut tidak saling berkaitan. Adapun waktu cuitan tersebut diunggah yaitu pada tahun 2017 dan telah dihapus sejak lama."  Kominfo pun memberi kategori atas cuitan tersebut sebagai disinformasi alias informasi yang keliru.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x