Kompas TV nasional sosial

Tahun 2021, Penentuan Pemulihan Ekonomi Indonesia?

Kompas.tv - 22 Februari 2021, 11:20 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Tahun 2021 menjadi tahun penentuan pemulihan ekonomi Indonesia.

Pengendalian pandemi corona menjadi kunci keberhasilan di tengah stimulus ekonomi,  antara lain untuk UMKM, program kesehatan dan perlindungan sosial, serta sektor manufaktur dan keuangan.

Pemerintah melakukan pembatasan kegiatan masyarakat saat ini diperpanjang hingga awal Maret 2021 mengikuti kurva jumlah orang yang terinfeksi corona.

Pada sisi lain, kehadiran program vaksinasi nasional memberi harapan pertumbuhan ekonomi akan sesuai sasaran saat kegiatan masyarakat kembali pulih.

Pelaksanaan program vaksinasi harus berjalan baik hingga mencapai kekebalan komunitas dengan target setidaknya 70% populasi menerima vaksin.

Pada saat bersamaan kita juga harus bersiap menghadapi hadirnya varian baru corona dan kemungkinan epidemi baru.

Dengan demikian, upaya peningkatan pengetahuan kesehatan dan gizi masyarakat tidak boleh ditinggalkan, demi membentuk ketahanan komunitas.

Upaya mendorong pemulihan ekonomi melalui stimulus fiskal dan moneter sebagai kebijakan makro diwujudkan melalui anggaran pendapatan dan belanja negara.

Agar kebijakan tersebut dapat ditransmisikan ke dalam kegiatan sektor riil yang menciptakan lapangan kerja, perlu dipastikan peraturan pelaksana Undang-undang Cipta Kerja harus dapat menyelesaikan masalah birokrasi di pusat hingga di daerah.

Kegiatan ekonomi yang diutamakan adalah yang menciptakan nilai tambah, membuka lapangan kerja berkualitas, menyubstitusi impor, memprioritaskan ekspor dan seperti arahan Presiden.

Kita dapat memanfaatkan peluang masih lambatnya perdagangan dunia dengan mengekspor produk yang memiliki keunggulan komparatif menjadi produk dengan keunggulan kompetitif.

Produk perikanan laut segar dan rempah-rempah, misalnya dapat melibatkan UMKM dan petani-nelayan.

Program penanganan kesehatan yang berjalan simultan dan bersinergi dengan program ekonomi diharapkan akan mempercepat pemulihan ekonomi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x