Kompas TV regional hukum

Di Lombok, Balita Lumpuh Diduga Akibat Polusi Pabrik Tembakau, Jumenah:Cucu Saya Tak Lagi Bisa Jalan

Kompas.tv - 22 Februari 2021, 10:23 WIB
di-lombok-balita-lumpuh-diduga-akibat-polusi-pabrik-tembakau-jumenah-cucu-saya-tak-lagi-bisa-jalan
Penampakan pabrik tembakau milik Suhardi dari pemukiman warga, atap dan tutup bagunan satu spandek itulah yang dilempar 4 ibu yang kini ditahan di Rutan Praya. Tak ada kerusakan parah dari pabrik tersebut. (Sumber: KOMPAS.com/FITRI RACHMAWATI)
Penulis : Gading Persada

LOMBOK, KOMPAS.TV- Seorang balita berinsial MN (8) di Desa Wajageseng, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat lumpuh diduga akibat polusi yang dikeluarkan sebuah pabrik tembakau rajangan UD MP.

Jumenah (50), sang nenek menyebut warga sekitar pabrik juga mengeluhkan adanya gangguan pernafasan yang dialami mereka diduga akibat polusi dari pabrik tembakau tersebut.

“Sakit cucu saya, dadanya sakit sulit bernapas, suka batuk batuk, dan dia tak lagi bisa jalan atau bermain, karena lumpuh,” kata Jumenah di Desa Wajageseng, Sabtu (20/2/2021).

Baca Juga: Kasus Perusakan Pabrik Rokok, Keati NTB Bantah Tahan Tersangka IRT dan Balitanya

Melansir Kompas.com, sembari menggendong cucu perempuannya itu, Jumenah menyebut kondisi cucunya saat ini lemah dan tampak pucat.

Dua bulan terakhir, kata Jumenah, cucunya lumpuh karena menderita sesak napas

Kaki cucu Jumenah terlihat kecil. Tulang di bagian dengkul lebih menonjol.

"Sesak tiap pagi begitu mulai pabrik tembakau beroperasi baunya sudah menyengat, itu setiap hari, kalau tidak pagi, siang atau sore harinya," ungkap Jumenah.

Jumenah mengaku pernah melayangkan protes bersama warga lain kepada pengelola pabrik tembakau tersebut. Tetapi, pengelola pabrik meminta dirinya pindah rumah.

Baca Juga: Ini Alasan 4 Ibu Lempar Atap Pabrik Berujung Dipenjara, 2 Balita Ikut Dibawa

"Saya dan warga sudah sering protes dari 2008 kami sudah protes, tapi mereka justru menyuruh pindah rumah saja kalau terganggu," tutur dia.

Sementara itu Ismayadi (41), ayah MN menyebut tak hanya putrinya saja namun anak laki-lakinya juga pernah muntah darah karena diduga tak tahan dengan bau tembakau dari pabrik tersebut.

Dia sedih ketika anaknya yang sakit kerap mencari ibunya Fatimah (40) yang kini mendekam di Rutan Praya Lombok Tengah karena melempar pabrik tembakau dengan batu dan kayu.

"Istri saya tidak tahan melihat anak-anak kami sakit, dia sangat emosi sehingga melempar pabrik itu," sambung Ismayadi.

Baca Juga: Istri Ditahan Usai Lempari Pabrik Tembakau, Suami: Anak Saya Tanya Ibunya Terus, Saya Bilang Berobat



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x