Kompas TV nasional berita utama

Jalur Putus karena Banjir, Seluruh Perjalanan Kereta dari Jakarta Dibatalkan

Kompas.tv - 22 Februari 2021, 07:17 WIB
jalur-putus-karena-banjir-seluruh-perjalanan-kereta-dari-jakarta-dibatalkan
Sejumlah petugas PT KAI (Persero) tengah memperbaiki rel yang terputus akibat terjangan banjir di jalur Kedunggedeh-Lemah Abang Kabupaten Bekasi. (Sumber: Humas PT KAI)
Penulis : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta membatalkan seluruh perjalanan kereta api jarak jauh dan lokal dari Jakarta pada Senin ini (22/2/2021).

Hal ini tak terlepas dari putusnya jalur rel kereta api yang ada di Kedunggedeh-Lemah Abang akibat terjangan banjir.

Kepala Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan resminya menjelaskan, pembatalan seluruh jadwal keberangkatan kereta ini juga dikarenakan banjir di Jakarta yang menggenangi sejumlah lintasan kereta api, sehingga tidak memungkinkan dilakukan perjalanan.

Baca Juga: Arus Deras Banjir Memutus Jalur Rel Kereta Api Sepanjang 20 Meter di Desa Kosambi

"Di area Daop 1 Jakarta dampak dari cuaca ekstrem terjadi di petak jalan antara Stasiun Kedunggedeh-Lemah Abang Km 55 +100 s.d KM 53+600 yang sempat terendam banjir pada Minggu 21 Feb 2021 dengan ketinggian air sampai dengan 150cm di atas Kop Rel,” papar Eva seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (22/2/2021).

Eva menjelaskan, terjangan banjir tak hanya membuat rel-rel tergenang tetapi juga hingga mengakibatkan pondasi batu balas pada rel tergerus. Maka dari itu butuh proses perbaikan.

Mempertimbangkan aspek keselamatan, PT KAI terpaksa kembali membatalkan seluruh kereta baik jarak jauh maupun lokal yang diberangkatkan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen pada hari ini.

Baca Juga: Banjir Rendam Jalur Kedunggedeh-Lemahabang Bekasi, Perjalanan Kereta Api Dibatalkan dan Dialihkan

"Selain pembatalan perjalanan Kereta Api Jarak Jauh, seluruh perjalanan KA Lokal relasi Cikarang - Purwakarta (PP) yang operasionalnya melintasi jalur tersebut juga dibatalkan," kata dia

Menurutnya, PT KAI akan melakukan perbaikan tersebut dengan menggandeng sejumlah pihak.

Atas gangguan yang terjadi dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses perbaikan, Eva menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh konsumen.

"Daop 1 Jakarta mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa Kereta Api dampak cuaca ekstrim sehingga berpengaruh pada kondisi prasarana dan operasional KA," ujar dia.

Baca Juga: Kenapa Mobil Bermesin Diesel Lebih Tangguh Terjang Banjir? Ini Rahasianya

Dilansir data yang didapat dari PT KAI Daop 1 Jakarta, berikut ini daftar kereta jarak jauh dari Jakarta yang dibatalkan pemberangkatannya:

Stasiun Pasar Senen:



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x