Kompas TV regional berita daerah

Makna Mural Rudy Cukur Gibran di Solo

Kompas.tv - 21 Februari 2021, 21:33 WIB
makna-mural-rudy-cukur-gibran-di-solo
Mural Rudy Cukur Gibran di Jl. Ir. Juanda, Solo, Jawa Tengah, yang dibuat oleh muralis Kota Solo. (Sumber: Kompas.com / Reza Kurnia Darmawan)
Penulis : Rizky L Pratama

SOLO, KOMPAS.TV – Mural merupakan seni melukis yang banyak ditemukan di kota Solo. Salah satunya, ialah mural yang menghias tembok di pinggir Jl. Ir. Juanda, Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres, Solo, Jawa Tengah.

Di salah satu tembok tersebut, ada sebuah mural yang menarik. Mural itu menampilkan dua orang sosok laki-laki yang berkepala pelontos sedang mencukur rambut seorang pria yang terlihat lebih muda.

Sambil berdiri, tangan kanan pria berkaos hitam itu memegangi alat pencukur rambut. Sedangkan tangan kirinya menyentuh rambut orang yang dia cukur. Sebuah senyum tersungging dari bibirnya. Saat dicukur, tubuh anak muda itu tertutup kain putih.

Baca Juga: Sudah Mantap Pimpin Solo, Gibran akan Jalankan Program Andalan Hasil Kombinasi FX Rudy

Tatapan matanya melihat ke depan. Potongan rambut mulai berjatuhan di pundak kirinya.

Ternyata, dua orang yang divisualkan dalam mural itu adalah F.X. Hadi Rudyatmo, mantan Wali Kota Solo dan Gibran Rakabuming Raka Wali Kota Baru Solo.

Ya, dalam seni mural tersebut, Rudy digambarkan sedang mencukur Gibran.

Mural ini merupakan salah satu dari sejumlah karya yang dibuat muralis Solo untuk merespon purnatugasnya F.X. Hadi Rudyatmo.

Baca Juga: Bukan Gibran, Ini Sosok yang Sementara Pimpin Kota Solo Gantikan FX Rudy

Pada Rabu (17/2/2021), bertepatan dengan Hari Jadi ke-276 Kota Solo, Rudy sapaan F.X. Hadi Rudyatmo, harus mengakhiri masa baktinya sebagai Wali Kota Solo.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.