Kompas TV internasional kompas dunia

Vaksinasi COVID-19 di Selandia Baru Resmi Diluncurkan, Petugas Perbatasan Prioritas Pertama

Kompas.tv - 21 Februari 2021, 11:53 WIB
vaksinasi-covid-19-di-selandia-baru-resmi-diluncurkan-petugas-perbatasan-prioritas-pertama
Foto yang diabadikan pada 20 Februari 2021 ini menunjukkan seorang pekerja perbatasan Selandia Baru sedang divaksinasi. (Sumber: Xinhua/Kementerian Kesehatan Selandia Baru)
Penulis : Edwin Shri Bimo

AUCKLAND, KOMPAS.TV - Peluncuran resmi vaksinasi Covid-19 di Selandia Baru dimulai pada Sabtu (20/2) saat para pekerja perbatasan menerima vaksinasi pertama mereka di fasilitas karantina Auckland.

Direktur Jenderal Kesehatan dari Kementerian Kesehatan Selandia Baru Ashley Bloomfield menyampaikan negaranya mencapai titik penting dalam respons pandeminya, dengan vaksinasi pertama untuk para pekerja perbatasan pada Sabtu, seperti dilansir Xinhua, (21/02/2021)

"Hari ini, kami memulai program imunisasi terbesar dalam sejarah kami dengan memvaksinasi kelompok pertama, yakni para tenaga kerja perbatasan, yang menjadi langkah krusial dalam melindungi semua orang di Selandia Baru," ujar Bloomfield saat berbicara dalam konferensi pers di Auckland.

Baca Juga: Selandia Baru Tarik Permanen Pasukannya Dari Afghanistan Setelah 20 Tahun Dukung AS Perangi Teroris

Program vaksinasi itu akan dimulai pada Senin (22/02/2021) di Wellington dan kemudian di Christchurch pada Rabu (24/2), sebelum memulai vaksinasi pada sekitar 12.000 pekerja perbatasan lainnya dan para pekerja di fasilitas isolasi dan karantina terkelola dalam beberapa pekan mendatang, menurut Bloomfield.

Setelah para pekerja perbatasan mendapatkan suntikan vaksin, anggota-anggota dalam kontak rumah tangga mereka akan divaksin.

Vaksinasi untuk masyarakat umum diperkirakan akan dimulai pada paruh kedua 2021, menurut strategi vaksin Covid-19 Selandia Baru.

Gelombang pertama vaksin Covid-19 produksi Pfizer/BioNTech telah tiba di Selandia Baru, kurang dari sepekan jelang peluncuran vaksinasi nasional.

Baca Juga: Sejak Berlakukan Lockdown, Tak Ditemukan Kasus Covid-19 Lokal di Selandia Baru

Foto yang diabadikan pada 20 Februari 2021 ini menunjukkan seorang pekerja perbatasan Selandia Baru sedang divaksinasi. (Sumber: Xinhua/Kementerian Kesehatan Selandia Baru)

Pada Jumat (19/2), sebanyak 25 pemberi vaksin mendapatkan suntikan pertama vaksin tersebut di Auckland.

Dalam konferensi pers itu, masyarakat umum diimbau untuk tetap waspada dan berpegang pada praktik kebersihan dasar.

Auckland, kota terbesar di Selandia Baru, saat ini menerapkan Kewaspadaan Covid-19 Level 2 dan wilayah-wilayah lainnya di negara tersebut berada dalam Kewaspadaan Covid-19 Level 1.  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.