Kompas TV regional viral

Viral! Video Burung Jalak Bantu Tunjukkan Jalan Pendaki yang Tersesat di Gunung Lawu

Kompas.tv - 21 Februari 2021, 10:10 WIB
viral-video-burung-jalak-bantu-tunjukkan-jalan-pendaki-yang-tersesat-di-gunung-lawu
Tangkapan layar akun TikTok yang menunjukkan seekor burung jalak menuntun pendaki yang tersesat di Gunung Lawu. (Sumber: akun TikTok @mocha_doank)
Penulis : Gading Persada

KARANGANYAR, KOMPAS.TV- Sebuah video yang menampilkan seekor burung Jalak menjadi viral di media sosial (medsos) baru-baru ini.

Pasalnya, burung Jalak itu diketahui menuntun sejumlah pendaki yang dikabarkan tersesat saat berada di Gunung Lawu.

Adalah akun TikTok @mocha_doank yang pada Rabu (17/2/2021) tampak mengunggah video burung jalak menuntun pendaki tersesat di Gunung Lawu.

Baca Juga: Rusia Umumkan Kasus Pertama Penularan Virus Flu Burung H5N8 Kepada Manusia

Pada unggahan itu turut disertai keterangan:

yang pernah ke Lawu pasti tahu…, nemu video lama saya,” tulis keterangan tersebut seperti dikutip Kompas.tv, Minggu (21/2/2021).

Dalam video itu memang tampak, seekor burung Jalak berjalan melompat-lompat di depan sejumlah relawan yang tengah berada di gunung yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur itu.

Anehnya, ketika sejumlah pendaki itu berhenti, burung Jalak itu pun turut berhenti. Kemudian, saat relawan berjalan, burung Jalak itu juga melanjutkan perjalanannya.

Terkait hal ini ada yang mengaitkan peristiwa ini dengan hal-hal mistik, ada juga yang berpikiran realistis jika Jalak penunjuk jalan hanyalah kebetulan belaka.

Baca Juga: Puluhan Ekor Burung Jalak Tunggir Merah Diamankan Petugas BKSDA NTT

Bagaimana sebenarnya fenomena tersebut?

Melansir TribunSolo.com, Minggu (21/2/2021), seorang pria yang selama ini malang melintang di Gunung Lawu bernama Arief Sukro Yulianto, mengakui bahwa kejadian tersebut sering dialami pendaki.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x