Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia Lapor Ke WHO Atas Penularan Virus Flu Burung H5N8 Unggas Kepada Manusia, Ini Tindak Lanjut WHO

Kompas.tv - 21 Februari 2021, 10:08 WIB
rusia-lapor-ke-who-atas-penularan-virus-flu-burung-h5n8-unggas-kepada-manusia-ini-tindak-lanjut-who
Ilustrasi peternakan ayam yang terpapar flu burung. Rusia melaporkan terjadinya penularan virus flu burung H5N8 dari unggas ke manusia, pada 20 Februari 2021 (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Edwin Shri Bimo

MOSKOW, KOMPAS.TV - Rusia mengatakan pada Sabtu (20/02/2021)  mereka telah memberi tahu WHO tentang temuan mereka atas kasus pertama di dunia penularan flu burung (H5N8) ke manusia.

Pengumuman itu muncul setelah para ilmuwan Rusia mendeteksi kasus pertama penularan virus flu burung H5N8 dari unggas ke manusia.

Kepala pengawas kesehatan Rusia Rospotrebnadzor, Anna Popova, seperti dikutip Straits Times, Minggu (21/02/2021) mengatakan para ilmuwan di laboratorium Vektor telah mengisolasi materi genetik strain virus dari tujuh pekerja di sebuah peternakan unggas di Rusia selatan, tempat wabah tercatat di antara burung-burung tersebut pada bulan Desember.

Para pekerja tidak menderita konsekuensi kesehatan yang serius, tambahnya. Mereka diyakini tertular virus dari unggas di peternakan.

“Informasi tentang kasus pertama penularan flu burung (H5N8) ke manusia telah dikirimkan ke Organisasi Kesehatan Dunia,” kata Popova.

WHO mengkonfirmasi pada hari Sabtu, (20/02/2021) telah diberitahu oleh Rusia tentang perkembangan tersebut.

"Kami sedang berdiskusi dengan otoritas nasional (Rusia) untuk mengumpulkan lebih banyak informasi dan menilai dampak kesehatan masyarakat dari peristiwa ini," kata seorang juru bicara WHO.

Baca Juga: Rusia Umumkan Kasus Pertama Penularan Virus Flu Burung H5N8 Kepada Manusia

Foto daging ayam bagian paha bawah (drumstick) beku ini diabadikan di Moskow, Rusia, pada 20 Februari 2021. Rusia melaporkan terjadinya penularan virus flu burung H5N8 dari unggas ke manusia, pada 20 Februari 2021 (Sumber: Xinhua/Shi Hao)

“Jika dikonfirmasi, ini akan menjadi pertama kalinya H5N8 menginfeksi manusia.” tambah juru bicara WHO tersebut.

WHO menekankan para pekerja Rusia terlihat "tanpa gejala" dan dilaporkan tidak ada penularan lanjutan dari manusia ke manusia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x