Kompas TV tekno aplikasi

Twitter Siap Luncurkan Fitur Seperti Clubhouse, Ini Bocorannya

Kompas.tv - 20 Februari 2021, 13:55 WIB
twitter-siap-luncurkan-fitur-seperti-clubhouse-ini-bocorannya
Twitter luncurkan fitur seperti Clubhouse yaitu Spaces (Sumber: Twitter)
Penulis : Dian Septina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Twitter meluncurkan fitur " Spaces" dalam versi private beta untuk sebagian pengguna iOS pada Desember 2020 lalu. Fitur ini mirip dengan media sosial Clubhouse yang sedang trending saat ini.

FItur Spaces milik Twitter ini berupa ruang obrolan berbasis audio yang di dalamnya terdapat host, pembicara, dan pendengar.

Terkesan tak mau kalah dari Clubhouse, Twitter agaknya mempercepat pengembangan fitur ruang obrolan berbasis audio miliknya itu.

Baca Juga: Clubhouse Sedang Ramai, Ini Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Terkait Privasi Pengguna

Salah satu pembaruannya adalah tampilan jumlah pembicara dan pendengar. Ketika masuk di ruang obrolan Spaces, pengguna dapat melihat daftar jumlah pengguna yang hadir.

Tampilan Space sekilas mirip dengan aplikasi Clubhouse. Di aplikasi Clubhouse, daftar pendengar atau pembicara yang hadir akan ditampilkan foto profil yang disusun dalam tiga kolom. Sedangkan Spaces disusun dalam empat kolom.

Terdapat pula admin ruang obrolan yang berhak menentukan pembicara dan pendengar. Tak hanya itu, admin juga dapat mengeluarkan, hingga memblokir anggota dalam ruang obrolan.

Baca Juga: Dipakai Elon Musk, Apa Itu Clubhouse dan Bagaimana Cara Mainnya?

Walau secara mekanisme sama persis, ada beberapa perbedaan yang perlu diperhatikan. Pembicara dalam satu ruangan Spaces dibatasi hingga 10 orang saja, namun untuk pendengar tidak ada batasan.

Kemudian, pengguna Twitter yang akunnya diprivate tidak bisa membuat ruang obrolan di Spaces. Namun, mereka tetap bisa bergabung dalam ruang obrolan yang telah dibuat oleh pengguna lain. Twitter "Spaces" dibangun di atas infrastruktur Periscope, sehingga arsitektur back-end fitur ini sudah tersedia.

Hingga saat ini belum diketahui kapan fitur Spaces akan resmi dirilis ke publik. Jika fitur Spaces resmi diluncurkan, ini akan menambah panjang kompetisi media sosial, khususnya yang memiliki fitur obrolan berbasis audio.

Baca Juga: Aplikasi Clubhouse Dapat Kucuran Dana Segar

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x