Kompas TV internasional kompas dunia

Foto-Foto Pertama Pendaratan Wahana NASA Perseverance di Planet Mars. Menakjubkan!

Kompas.tv - 20 Februari 2021, 04:40 WIB
foto-foto-pertama-pendaratan-wahana-nasa-perseverance-di-planet-mars-menakjubkan
Foto Kamis, 18 Februari 2021 ini yang disediakan oleh NASA menunjukkan rover Perseverance diturunkan ke permukaan Mars saat turun bertenaga. (Sumber: NASA via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo

CAPE CANAVERAL, KOMPAS.TV — Dunia mendapat foto close-up pertama pendaratan di planet Mars oleh wahana luar angkasa NASA bernama Perseverance, hari Jum’at, (19/02/2021) waktu Cape Canaveral, Amerika Serikat, saat NASA merilis foto menakjubkan wahana penjelajah planet Mars mereka diturunkan ke daratan Mars yang berdebu dan berwarna merah.

Foto-foto itu dirilis NASA kurang dari 24 jam setelah wahana Perseverance berhasil mendarat dekat delta sungai purba, dimana wahana itu akan mencari tanda-tanda sisa kehidupan purba serta akan mengumpulkan sampel batu untuk dibawa ke Bumi dan diteliti.

NASA melengkapi wahana mereka dengan 25 kamera dan dua mikrofon, yang hampir semuanya dihidupkan saat pendaratan.

Baca Juga: Wahana Penjelajah Perseverance milik NASA Sukses Mendarat di Planet Mars

Daratan planet Mars yang penuh kerikil dan tidak mendukung kehidupan organisme. Foto ini diambil dari wahana jelajah planet Mars, Perseverance, 18 Februari 2021 (Sumber: NASA via AP)

Wahana itu sendiri memperlihatkan detil menakjubkan hanya 2 meter dari Mars sebelum mendarat di daratan planet itu.

Wahana penjelajah itu diturunkan menggunakan tali dan katrol, dan pada foto tersebut kelihatan debu Mars naik karena hembusan roket pembawa wahana.

NASA menjanjikan lebih banyak foto beberapa hari ke depan dan mungkin juga rekaman suara saat wahana itu turun dan menjejak ke daratan Mars. “Ini belum pernah kita lihat sebelumnya,” tutur Aaron Stehura, insinyur sistem penerbangan pada misi tersebut,

”sungguh menakjubkan, dan seluruh anggota team terhenyak. Aroma kemenangan sangat kami rasakan, karena kami berhasil mengabadikan foto-foto itu dan membagikannya kepada dunia,” tutur Aaron.

Baca Juga: NASA Bersiap Uji Coba Terbangkan Helikopter di Planet Mars. Penasaran? Yuk Simak

Daratan Planet Mars difoto dari wahana Perseverance NASA, 18 Februari 2021 (Sumber: NASA via AP)

Wahana itu sudah mengirim kan sejumlah foto tambahan, dimana Pauline Hwang, Manajer Misi Strategis untuk Operasi Daratan mengatakan,”seluruh tim menggila,” saat melihat foto-foto pertama, tuturnya.

“Kami seperti di langit ke tujuh, seperti mimpi, kami tidak percaya apa yang kami lihat,” tambahnya.

Baca Juga: Sejarah di Balik Nama Kawah Jezero, Lokasi Pendaratan Perseverance, Rover Planet Mars NASA

Tahap penurunan yang menahan penjelajah Perseverance NASA dapat dilihat jatuh melalui atmosfer Mars, parasutnya tertinggal di belakang, dalam gambar ini diambil pada 18 Februari 2021, oleh kamera High Resolution Imaging Experiment (HiRISE) di atas Mars Reconnaissance Orbiter. Delta sungai purba yang menjadi target misi Perseverance terlihat memasuki Kawah Jezero dari kiri. (Sumber: NASA)

Sementara wahana NASA itu menurut laporan mereka saat ini dalam keadaan sehat setelah mendarat di daratan yang datar dan aman di kawah Jezero. Daratan tempat pendaratan dilaporkan hanya memiliki kemiringan 1 derajat dan hanya terlihat kerikil-kerikil Mars.

Rencananya minggu depan setelah pengecekan dan pengujian sistem, wahana penjelajah itu akan mulai berjalan di Mars.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x